Berikan Oreo Isi Pasta Gigi ke Tunawisma, YouTuber Ini Terancam Dipenjara

Sonia Basoni - detikFood Minggu, 22 Apr 2018 11:30 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Iseng membuat video lelucon dengan memberikan biskuit Oreo berisi pasta gigi ke seorang tunawisma. YouTuber terkenal asal Spanyol ini, terancam dipenjara.

Semakin berkembangnya media digital, membuat banyak orang berlomba-lomba menunjukkan karya dan kreasi mereka. YouTube menjadi salah satu media terkenal, yang digunakan sebagai wadah oleh para pembuat konten video, atau disebut sebagai YouTuber. Banyak para YouTuber yang membuat segala jenis macam video, dengan konten yang beragam.

Baca Juga: Seminggu Makan McDonald's, Berat Badan YouTuber Ini Turun 2,6 Kg!

Berikan Oreo Isi Pasta Gigi ke Tunawisma, YouTuber Ini Terancam DipenjaraFoto: Istimewa

Namun, YouTuber asal Spanyol ini, justru mendapatkan kecaman dan jeratan hukum karena video kreasinya yang ia unggah ke akun YouTube-nya. Kanghua Ren, yang dikenal sebagai ReSet, kini tengah menghadapi kecaman dan hukuman penjara hingga dua tahun karena ulahnya menjahili seorang tunawisma.

YouTuber yang tinggal di kota Barcelona ini, dilaporkan karena mengunggah video berisi dirinya tengah mengganti isian biskuit krim Oreo dengan pasta gigi. Lalu ia memberikan Oreo itu kepada seorang pria tunawisma, bersama dengan uang sebesar 20€ atau sekitar Rp. 345.000.

"Mungkin saya telah terlalu berlebihan, tapi lihat sisi positifnya. Pasta gigi itu akan membantunya membersihkan giginya. Saya rasa dia sudah tidak membersihkan giginya sejak dia jatuh miskin," ungkap Kanghua dalam video tersebut dilansir dari Delish (21/04).

Berikan Oreo Isi Pasta Gigi ke Tunawisma, YouTuber Ini Terancam DipenjaraFoto: Istimewa

Jelas video ini mengundang banyak kritik dan kontroversi, apalagi kanal YouTube Kanghua telah mendapatkan lebih dari 1.2 juta pengikut. Sejak hadirnya kasus ini, Kanghua memutuskan untuk menghapus kanal YouTube-nya.

Diberitakan lebih lanjut, pria tunawisma ini bernama George. George mengatakan bahwa dia jatuh sakit dan mengalami muntah-muntah, setelah lima menit mengonsumsi Oreo tersebut. George juga merasa takut dan cemas dengan kesehatannya karena hal ini.

Banyak yang mengatakan bahwa Kanghua telah kembali menemui George, dan menawarkan sejumlah uang kepadanya untuk tetap diam tentang masalah ini. Sehingga Kanghua bisa mengembalikan citra dirinya di publik.

"Orang-orang terlalu berlebihan dalam menanggapi lelucon dalam video saya. Mereka baru bereaksi karena saya mengerjai seorang pengemis, tapi saya yakin mereka tidak akan mengatakan apa-apa jika saya melakukannya kepada orang normal," tutur Kanghua dalam videonya yang lain, sebelum video tersebut ia hapus.

Berikan Oreo Isi Pasta Gigi ke Tunawisma, YouTuber Ini Terancam DipenjaraFoto: Istimewa

Sementara itu, menurut surat kabar Sanyol, El Pais, jaksa hukum di Spanyol menuntutnya atas tindakan "Kejahatan terhadap inegritas moral," di mana Kanghua diancam dengan hukuman dua tahun penjara, dan denda sekitar $36.000 atau sekitar lebih dari 500 juta rupiah.

Kanghua sendiri dikabarkan menghasilkan sekitar $2.500 atau setara dengan 35 juta rupiah, dari iklan yang ada di videonya.

Baca Juga: Ini Dia 10 Tantangan Makan 'Nyeleneh' yang Dilakukan YouTuber Asal Indonesia! (adr/odi)
Menu Ke-8 : Olahan Telur Puyuh yang Sedap, dari Sambal Goreng hingga Sup Tofu

Menu Ke-8 : Olahan Telur Puyuh yang Sedap, dari Sambal Goreng hingga Sup Tofu