Makanan Pesisir Jawa Tengah

4 Minuman Tradisional Khas Jepara Ini Siap Segarkan Tenggorokan

Devi Setya - detikFood Kamis, 19 Apr 2018 14:40 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Membahas kawasan pesisir Jawa Tengah tidak bisa lepas dari Jepara. Di Jepara ada deretan minuman khas yang bisa menyegarkan tenggorokan.

Kabupaten tempat kelahiran R.A. Kartini ini bisa jadi detinasi wisata kuliner karena banyak sekali makanan dan minuman yang bisa dicoba. Khusus minuman, detikFood punya beberapa rekomendasi yang harus dicoba saat di Jepara.

Baca juga : Ini 5 Makanan Enak yang Wajib Dicicipi Kalau Mampir ke Jepara

1. Es gempol plered
4 Minuman Tradisional Khas Jepara Ini Siap Segarkan Tenggorokan Foto: Es gempol plered/ Istimewa
Dihidangkan dalam keadaan dingin, es ini bisa jadi pelepas dahaga di tengah teriknya matahari siang. Rasanya yang manis juga bisa jadi obat dahaga sekaligus sumber energi.

Seporsi es gempol plered berisi gempol yakni bola-bola yang terbuat dari adonan tepung beras. Penyajiannya dengan kuah santan, sirup dan es batu.

2. Es dawet
4 Minuman Tradisional Khas Jepara Ini Siap Segarkan Tenggorokan Foto: Es dawet Jepara/ Istimewa
Tak hanya di Banjarnegara, es dawet juga ada di Jepara. Segelas es ini berisi dawet atau cendol yang diguyur santan dan kuah gula merah. Rasanya manis legit dan makin enak saat diseruput dingin.

3. Adon-adon coro
4 Minuman Tradisional Khas Jepara Ini Siap Segarkan Tenggorokan Foto: Adon-adon coro/ Istimewa
Mau yang hangat, ada adon-adon coro yang mirip seperti wedang. Minuman ini terbuat dari campuran jahe, gula merah, merica bubuk, kayu manis, lengkuas dan santan.

4. Es rumput laut
4 Minuman Tradisional Khas Jepara Ini Siap Segarkan Tenggorokan Foto: Es rumput laut khas Jepara/ Istimewa
Di pesisir pantai sekitar Jepara banyak penjaja es rumput laut yang manis segar. Campuran es ini antara lain rumput laut, surup dan santan. Rumput lautnya dibudidaya langsung di pesisir laut ini lho.

Baca juga : Empuk Mantap! Horok-horok Makanan Unik Khas Jepara

(dvs/odi)