Makanan Pesisir Jawa Tengah

Ini 5 Makanan Enak yang Wajib Dicicipi Kalau Mampir ke Jepara

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Rabu, 18 Apr 2018 16:30 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jepara - Kabupaten Jepara dikenal sebagai tempat kelahiran RA Kartini. Aneka makanan enak bisa dicicip di sini. Mulai dari horok-horok sampai moto belong.

Sudah pernah ke Jepara? Kalau belum, kota di Jawa Tengah ini bisa kamu masukkan sebagai destinasi kuliner. Ada banyak makanan enak di Jepara seperti horok-horok yang dibuat dari pati aren dan jajan pasar moto belong yang gurih manis.

1. Horok-horok

Ini 5 Makanan Enak yang Wajib Dicicipi Kalau Mampir ke JeparaFoto: Istimewa
Banyak yang menyebut horok-horok sebagai makanan wajib saat ke Jepara. Makanan ringan ini dibuat dari pati aren yang dikukus. Teksturnya kenyal dengan rasa gurih karena dibumbui garam. Horok-horok lalu dibungkus daun jati atau daun pisang. Bisa dijadikan campuran bakso, gado-gado, pecel atau sate kikil. Salah satu pembuat horok-horok di Jepara menyebut air yang bersih jadi kunci pembuatan horok-horok yang tak cepat basi.

Baca Juga: Empuk Mantap! Horok-horok Makanan Unik Khas Jepara

2. Rondo royal

Ini 5 Makanan Enak yang Wajib Dicicipi Kalau Mampir ke JeparaFoto: Cookpad
Jepara punya camilan enak berbahan tepung beras dan tape, namanya rondo royal. Dibuat dari tape singkong yang dilumatkan sehingga rasanya manis sedikit asam. Kemudian dicelupkan dalam adonan tepung beras dan digoreng kering. Rondo royal paling enak dinikmati hangat-hangat. Kalau mau mencicipnya, tinggal mampir ke pasar-pasar tradisional di Jepara.

3. Opor panggang

Ini 5 Makanan Enak yang Wajib Dicicipi Kalau Mampir ke JeparaFoto: detikcom
Opor punya versi berbeda di Jepara. Dibuat dari ayam kampung yang dimasak dengan santan dan bumbu opor di dalam kuali tanah liat. Rasa opor panggang gurih dan dengan aroma sangit bakaran. Bumbunya ada daun saka, daun serai, daun jeruk, bawang goreng dan santan. Jodoh paling pas menikmati opor panggang tentu saja nasi hangat!

4. Pindang serani

Ini 5 Makanan Enak yang Wajib Dicicipi Kalau Mampir ke JeparaFoto: detikfood
Untuk sajian ikan, Jepara punya sup berkuah bening bernama pindang serani. Olahan ini sebenarnya mirip pindang serani khas Betawi yang mendapat pengaruh Portugis. Bahan utamanya bisa beragam jenis ikan seperti bandeng, nila, mujair atau patin. Ikan direbus lalu diberi aneka bumbu rempah yang membuat rasanya pedas, manis dan asam. Pindang serani biasanya disajikan dengan sambal dan lalapan. Salah satu penjual pindang serani terkenal di Jepara ada di warung dekat Stadion Kamal Junaidi.

Baca Juga: Mencicip Daging Spe dan Pindang Serani, Kuliner Asli Keturunan Portugis di Jakarta

5. Moto belong

Ini 5 Makanan Enak yang Wajib Dicicipi Kalau Mampir ke JeparaFoto: Cerita Picmix
Tak melulu panganan gurih, Jepara juga punya kue enak bernama moto belong atau koco moto. Jenis jajanan pasar ini mudah ditemukan di pasar-pasar tradisional di Jepara. Moto Belong berasal dari kata 'moto' yang berarti mata, sedangkan 'belong' artinya melotot. Nama ini merujuk pada tampilan moto belong yang seperti mata melotot. Kue ini dibuat dari singkong yang diparut halus lalu lalu diisi pisang di tengahnya dan dikukus hingga matang. Moto belong lalu diberi pewarna makanan berwarna cerah. Dipotong melintang dan ditaburi kelapa yang sudah dibumbui sedikit gula dan garam. Nikmat!

(adr/odi)