Rekomendasi Makan Siang

Gyudon, Nasi dengan Topping Daging Khas Jepang Ada di 5 Tempat Ini

Dewi Anggraini - detikFood Rabu, 18 Apr 2018 12:00 WIB
Foto: iStock
Jakarta - Gyudon, one dish meal khas Jepang selain praktis juga mantap. Dalam satu mangkuk ada irisan daging dan nasi pulen yang cocok buat makan siang.

Gyudon merupakan sajian nasi dengan topping irisan tipis daging sapi dengan rasa manis gurih. Biasanya, hidangan ini disajikan bersama miso soup, gari atau acar jahe, dan cabai bubuk.

Nama gyudon berasal dari kata gyuniku yang artinya daging sapi dan don, kependekan dari donburi atau mangkuk. Kalau ingin makan gyudon enak, Anda bisa menyambangi 5 tempat ini.

1. Cooking Panda

Gydon, Nasi dengan Topping Daging Khas Jepang Ada di 5 Tempat IniFoto: iStock
Cooking Panda punya menu Tokyo Beef Bowl. Gyudonnya bertopping daging sapi dan potongan bawang Bombay berwarna kecokelatan. Dagingnya diiris tipis panjang dengan lapisan lemak yang tidak terlalu banyak.

Saat disantap, dagingnya terasa lembut dan juicy. Sapuan bumbu shoyu membuat daging terasa gurih, sangat nikmat berpadu dengan potongan bawang Bombay yang ditumis bersama daging dengan rasa renyah.

Nasi putih di bawahnya pulen dan manis gurih terkena rembesan bumbu daging. Bumbunya yang cukup royal terlihat melapisi bagian atas nasi dan masih nikmat disantap hingga suapan terakhir.

Cooking Panda
Kota Kasablanka, LG, Unit L28
Jl. Casablanca Raya Kav.88
Kuningan, Jakarta Selatan
Telp: (021) 29465137

Supermal Karawaci Lippo Karawaci
Cocowalk Lt.LG , Karawaci - Tangerang
Jl. Boulevard Diponegoro 105
Karawaci, Tangerang

2. Kobe Lamptei

Gydon, Nasi dengan Topping Daging Khas Jepang Ada di 5 Tempat IniFoto: iStock
Kalau ke sini, jangan lupa mencoba Original Beef Bowl. Gyudon di Kobe Lamptei memiliki irisan daging lebih tebal, keriting, dan pendek sehingga mudah disuap.

Saat dikunyah, tekstur daging lebih kenyal dan permukaan dagingnya pun lebih kering. Gyudon ini tidak menggunakan bawang Bombay seperti pada gerai lainnya. Namun soal porsi, dijamin bikin kenyang. Nasi putihnya pulen empuk serasi berpadu dengan daging yang kenyal gurih. Mantap!

Kobe Lamptei
Cilandak Town Square
Lantai Satu No 11
TB Simatupang, Jakarta Selatan
Telp: (021) 75920324

Baca Juga: Mana Japanese Beef Bowl Paling Gurih Juicy?

3. Yoshinoya

Gydon, Nasi dengan Topping Daging Khas Jepang Ada di 5 Tempat IniFoto: Istimewa
Gerai ini merupakan salah satu pelopor gyudon atau beef bowl di Indonesia ini hadir dengan varian andalan Original Beef Bowl.

Dalam sebuah mangkuk reguler, topping daging dan bawang bombaynya berwarna kecokelatan. Yoshinoya punya beberapa pilihan topping seperti beef teriyaki, beef yakiniku, dan original beef. Masing-masing rasa punya irisan daging yang panjang dengan lapisan lemak. Lapisan dagingnya lebih keriting dan lebih tipis dibanding dengan gerai gyudon lain.

Toppingnya pun cukup royal. Tampilan daging yang relatif kering tetap nikmat disantap bersama nasi yang pulen dan hangat.

Yoshinoya
Mall Kota Kasablanka, LG Fl Unit B 36
Jl. Casablanca Raya Kav 88
Jakarta Selatan
Telp: (021) 29465144

Kelapa Gading Mall 3, 3th Fl Unit 3 Food Court
Jl. Boulevard Kelapa Gading Blok M
Jakarta Utara
Telp: (021) 45853843

4. Sukiya

Gydon, Nasi dengan Topping Daging Khas Jepang Ada di 5 Tempat IniFoto: dok. detikFood
Sukiya membuka restoran pertamanya di Yokohama pada tahun 1982. Hingga kini Sukiya memiliki banyak cabang di beberapa negara seperti China, Thailand, Meksiko dan juga Indonesia.

Menu andalannya adalah rice bowl. Seperti Chicken Curry, Teriyaki Chicken Mayo Bowl hingga Veggies Beef Bowl dan beberapa menu pelengkap seperti Croquette dan juga Chicken Karaage.

Untuk pilihan gyudon, Sukiya punya menu paket Gyudon Beef Croquette Set dan Mayo Cheese Gyudon . Keduanya adalah menu paket yang sudah dilengkapi dengan croquette, chicken kaarage, sup miso dan minuman dengan ukuran reguler. Dijamin kenyang!

Sukiya
AEON Mall, Lantai 3
Jl. BSD Raya Utama, BSD City
Serpong, Tangerang
Telp: (021) 29168052

5. Daitokyo Sakaba

Gydon, Nasi dengan Topping Daging Khas Jepang Ada di 5 Tempat IniFoto: iStock
Daitokyo Sakaba banyak disukai karena bercitarasa otentik. Lokasinya pun mudah di sambangi karena berada di kawasan Melawai yang sering disebut 'Little Tokyo'.

Jadi tidak usah heran kalau banyak orang Jepang yang menikmati sajian di sini. Salah satu menu andalannya adalah gyutan don. Kebanyakan pengunjung memuji gyutan don racikan Daitokyo Sakaba. Walau terbuat dari lidah sapi, konon terksturnya empuk dan rasanya lezat gurih.

Daitokyo Sakaba
Jl. Melawai No. 26
Melawai
Kebayoran Baru, Jakarta Selatan
Telp: 021-7222047

Baca Juga: Rice Bowl Jepang dengan Topping Lidah Sapi Bisa Disantap di 4 Tempat Ini (dwa/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com