Rekomendasi Redaksi

Mana Japanese Beef Bowl Paling Gurih Juicy?

- detikFood Jumat, 13 Des 2013 18:51 WIB
Foto: Detikfood
Jakarta - Sajian gyudon atau beef bowl merupakan sajian one dish meal Jepang yang populer. Nasi dengan topping irisan daging inipun populer di Jakarta. Dari beberapa racikan gyudon dari beberapa restoran Jepang. Mana yang paling lezat dan gurih?

Masuknya pengaruh barat di era Meiji membawa perkenalan daging sapi dalam kuliner Jepang. Beef bowl atau gyudon merupakan sajian nasi dengan topping irisan tipis daging sapi dengan rasa manis gurih. Biasanya, hidangan ini disajikan bersama miso soup, gari atau acar jahe, dan cabai bubuk.

Nama gyudon berasal dari kata gyuniku yang artinya daging sapi dan don, kependekan dari donburi atau mangkuk. Racikan ini berasal dari gabungan sukiyaki-don dan gyunabe yaitu irisan daging sapi yang dimasak di panci dan ditaruh di atas nasi. Hidangan ini merupakan hidangan rumahan yang sering disajikan sehari-hari.

Dimulai dari era Taisho (1912an) hingga era Showa (1926an) penggunaan daging murah dan penjualannya di gerobak-gerobak berhasil meningkatkan popularitas hidangan ini. Karena hidangan Jepang populer di Indonesia, beef bowl jadi pilihan favorit karena enak dan praktis.

Beef bowl banyak ditawarkan di restoran fast food Jepang. Mencari beef bowl yang paling lezat, kami menyambangi tiga restoran dengan menu andalan beef bowl original yaitu Yoshinoya, Cooking Panda, dan Kobe Lamptei.

Cooking Panda hadir dengan menu Tokyo Beef Bowl (Rp 27.272). Topping daging sapi dan potongan bawang Bombay terlihat berwarna kecokelatan. Dagingnya diiris tipis panjang dengan lapisan lemak yang tidak terlalu banyak.

Saat disantap, dagingnya terasa lembut dan juicy. Sapuan bumbu shoyu membuat daging terasa gurih, sangat nikmat berpadu dengan potongan bawang Bombay yang ditumis bersama daging dengan rasa renyah.

Nasi putih di bawahnya pulen dan manis gurih terkena rembesan bumbu daging. Bumbunya yang cukup royal terlihat melapisi bagian atas nasi dan masih nikmat disantap hingga suapan terakhir.

Sedangkan Kobe Lamptei menawarkan Original Beef Bowl (Rp 38.600). Berbeda dengan Cooking Panda, beef bowl di Kobe Lamptei memiliki irisan daging lebih tebal, keriting, dan pendek sehingga mudah disuapkan.

Saat dikunyah, tekstur daging lebih kenyal dan permukaan dagingnya pun lebih kering. Beef bowl ini tidak menggunakan bawang Bombay seperti lainnya tetapi disajikan dengan porsi yang cukup mengenyangkan. Nasi putihnya pulen empuk serasi berpadu dengan daging yang kenyal gurih.

Jika berbicara tentang hidangan beef bowl, pastinya tidak lengkap tanpa Yoshinoya. Salah satu pelopor beef bowl di Indonesia ini hadir dengan varian andalan Original Beef Bowl (Rp 27.272).

Dalam sebuah mangkuk reguler, topping daging dan bawang Bombay tampak kecokelatan. Irisan dagingnya panjang dengan lapisan lemak. Lapisan dagingnya lebih keriting dan lebih tipis dibandingkan Cooking Panda dan Kobe Lamptei. Toppingnya pun cukup royal.

Tekstur daging terasa lembut dan bumbunyapun meresep sempurna. Sayangnya, daging yang disajikan mempunyai rasa asin yang dominan sehingga rasa gurih alami daging pun tertutup. Tampilan daging yang realtif kering tetap nikmat disantap bersama nasi yang pulen dan hangat.

Setelah mencoba ketiganya, DetikFood memilih Cooking Panda yang mempunyai beef bowl terlezat. Walaupun porsi dagingnya relatif sedikit, perpaduan daging yang juicy dan bawang Bombay yang renyah dan dimasak hingga kecokelatan sangat serasi di lidah.


Cooking Panda
Kota Kasablanka, LG, Unit L28
Jl. Casablanca Raya Kav.88
Kuningan, Jakarta Selatan

Supermal Karawaci Lippo Karawaci
Cocowalk Lt.LG , Karawaci - Tangerang
Jl. Boulevard Diponegoro 105
Karawaci, Tangerang

Kobe Lamptei
Mall Gandaria City UG Floor Unit M-U 05
JL Sultan Iskandar Muda, Kebayoran Lama
Jakarta Selatan

Yoshinoya
Mall Kota Kasablanka, LG Fl Unit B 36
Jl. Casablanca Raya Kav 88
Jakarta

Kelapa Gading Mall 3, 3th Fl Unit 3 Food Court
Jl. Boulevard Kelapa Gading Blok M
Jakarta Utara

(fit/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com