Wow! KFC Jadi Restoran Cepat Saji Paling Populer di China

Devi Setya - detikFood Selasa, 17 Apr 2018 18:20 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Banyak jaringan restoran cepat saji internasional yang membuka cabang di China. Tapi ternyata yang paling laris adalah produk KFC. Kok bisa?

Dikabarkan This Is Insider (17/4) di China ada lebih dari 5.000 cabang restoran KFC yang tersebar di 1.100 kota di seluruh China. Rantai makanan fast food ini juga terbukti paling populer dan paling laris dibandingkan jaringan fast food lainnya.

Restoran fast food asal Amerika ini pertama kali dibuka di China pada tahun 1987. Sejak dibuka, restoran ini langsung memberi pengaruh perubahan ekonomi dengan sangat cepat.

Kini restoran KFC paling besar di China terdiri dari 3 lantai dan menempati area seluas 3.600 meter persegi. Restoran ini memiliki kapasitas lebih dari 500 pengunjung.
Wow! KFC Jadi Restoran Cepat Saji Paling Populer di China Foto: Istimewa
Restoran terbesar ini berlokasi dekat Lapangan Tiananmen, Beijing. Pengunjungnya membludak tiada henti. Bahkan beberapa bulan sejak dibuka, antrean pembelinya mengular cukup panjang.

Berdasarkan data dari Euromonitor tahun 2016, KFC memiliki 11,6 persen pangsa pasar di China. Persentase ini jauh di depan McDonald's yang hanya ada di angka 5,6 persen. Selain itu McDonald's hanya memiliki sekitar 2.500 restoran di China.

Baca juga : Makin Praktis, Makan di KFC Hangzhou Cukup Bayar Pakai Senyum

Selain sistem managemen yang baik, ada juga rahasia dibalik larisnya menu makanan KFC di China. Kunci utama keberhasilan KFC menggaet pelanggan ada pada menunya.

KFC China bukan hanya menjual makanan utama berupa ayam goreng yang ada di seluruh cabang di dunia. Mereka juga menyediakan menu bercita rasa lokal.
Wow! KFC Jadi Restoran Cepat Saji Paling Populer di China Foto: Istimewa
Beberapa menu yang ada di China antara lain egg tart, bubur nasi dan dragon twister.

KFC China bukan sama sekali tidak mengalami hambatan. Pada 2014 lalu, perusahaan induk KFC China yakni Yum China mendapat isu skandal daging yang tercemar. Lalu di tahun 2016 juga digempur isu flu burung yang menggegerkan.

Tapi pada akhirnya semua isu negatif bisa ditepis dengan menjaga kualitas. Akhirnya masyarakat China kembali percaya dan tetap setia pada produk KFC.

Awal kedatangan KFC di China, masyarakat menganggap restoran fast food ini sebagai sesuatu yang keren dan berkelas. Mengingat di China mayoritas makanan dijual dengan cara sederhana ala street food.
Wow! KFC Jadi Restoran Cepat Saji Paling Populer di China Foto: Istimewa
Baca juga : Setelah Burger Hitam dan Merah, Kini Ada Burger Pink Diperkenalkan KFC China

Banyak orang dianggap keren saat makan di KFC, terlebih restoran fast food ini memiliki embel-embel restoran Amerika. Tampaknya mind set ini terbawa hingga sekarang.

Buktinya saat menyambangi KFC di akhir pekan, jangan harap bisa langsung menyampaikan pesanan di meja kasir. Pengunjung harus antre untuk bisa memesan menu makanan KFC. (dvs/odi)