Yang Enak di Tangerang

Ini Dia Es Campur, Asinan Hingga Nasi Bakar yang Paling Legendaris di Tangerang

Lusiana Mustinda - detikFood Rabu, 11 Apr 2018 19:00 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
FOKUS BERITA Yang Enak di Tangerang
Jakarta - Dikenal sebagai kota 'Benteng', Tangerang ternyata punya kuliner legendaris. Mulai dari es campur, asinan, bakso hingga sate ayam dan laksa. Semuanya enak!

Ke Tangerang, tentunya jangan sampai melewatkan kuliner ini. Sudah ada sejak puluhan tahun lalu, namun rasanya masih tetap terjaga. Asinan yang diracik dengan paduan bumbu segar dan juga nasi bakar dengan paduan sum-sum yang gurih dan aromatik. Hmm, sedap!

Berikut ini beberapa makanan enak yang wajib Anda cicip saat sedang berada di Tangerang. Yuk, mampir!

Baca juga: Dari Kuliner Legendaris Sampai yang Kekinian Ada di Tangerang

1. Asinan Lan Jin

Ini Dia Es Campur, Asinan Hingga Nasi Bakar yang Paling Legendaris di TangerangFoto: Tangsel Pos

Saat cuaca panas, asinan cocok jadi makanan yang menyegarkan. Berada di Pasar Lama, Tangerang, Banten dekat Kelenteng Boen Tek Bio ada penjual asinan legendaris yang terkenal. Asinannya terdiri dari tauge, kol, lobak, timun, sayur asin dan wortel. Makin enak ditambah dengan tahu kuning dan taburan kacang tanah yang sudah digoreng.

Irisan sayuran dipadu dengan kuah saus cuka yang sangat segar. Sudah ada sejak tahun 1979, hingga kini masih banyak langganan asinan yang masih menyukainya. Kalau ingin mencobanya, langsung saja mampir ke Pasar Lama Kota Tangerang. Seporsi asinan dibandrol dengan harga Rp 15.000.

2. Bakso Mang Bandi

Ini Dia Es Campur, Asinan Hingga Nasi Bakar yang Paling Legendaris di TangerangFoto: Istimewa

Pecinta bakso, bisa mampir ke sini. Bakso Mang Bandi menjadi salah satu yang favorit di Kota Tangerang. Lokasinya ada di Jalan Sukabakti V No. 28, Sukasari, Tangerang. Berdiri sejak puluhan tahun lalu, bakso racikan Bandi ini memang terkenal istimewa. Meskipun dulunya dijajakan dengan cara berkeliling, kini sudah ada di gerai khusus.

Seporsi bakso bisa dipadu dengan mie dan juga tahu. Yang spesial dari bakso ini adalah sajian daging yang sudah dimasak hingga empuk sebagai paduan bakso. Jika tak mau kehabisan, sebaiknya jangan datang terlalu sore. Pasalnya, kalau sudah jam 4 sore baksonya sudah habis.

3. Nasi Bakar Sumsum Mang Puri

Ini Dia Es Campur, Asinan Hingga Nasi Bakar yang Paling Legendaris di TangerangFoto: Banten News


Dikenal sebagai jajanan khas Banten, nasi bakar sumsum ini ternyata dibuat dari resep turun temurun warisan keluarga. Berdiri sejak tahun 1941, nasi bakar dengan paduan sumsum sapi atau kerbau. Tak hanya dipadu sumsum sapi, ada juga nasi bakar yang ditambahkan dengan sosis keju dan otak sapi. Makin sedap dipadu dengan beberapa pelengkap berupa sate lidah kerbau, daging kerbau hingga keong.

Bagaimana nih, tertarik mencoba? Kalau penasaran, langsung saja melipir ke Jalan T.B Buang, Pasar Lama.

4. Sate H. Ishak

Ini Dia Es Campur, Asinan Hingga Nasi Bakar yang Paling Legendaris di Tangerang
Foto: eat and taste

Sate legendaris H. Ishak ini sudah berdiri sejak tahun 1950. Sate dengan potongan ayam yang lembut ini sangat enak dipadu dengan bumbu kacang. Agar lebih enak, Anda bisa memadukannya dengan potongan lontong dan juga sambal. Lokasinya ada di Pasar Lama Jalan Kisamun, Tangerang. Kalau ingin mencicip sate enak racikan H. Ishak, sebaiknya datang di sore pukul jam 3. Hmm, enak!

5. Es Bun Tin

Ini Dia Es Campur, Asinan Hingga Nasi Bakar yang Paling Legendaris di Tangerang
Foto: Tangerang Food Story


Siang-siang yang panas enaknya memang menikmati es dingin nan segar. Es Bun Tin terletak di kawasan Pasar Lama tepatnya di seberang Vihara Boen Tek Bio. Penjual es yang satu ini ternyata sudah ada sejak tahun 1980. Pemilik kedai bernama Lim Bun Tin ini memiliki menu es putsal yang merupakan kepanjangan dari putri salju. Isiannya berupa leci, nata de coco, sagu mutiara dan susu kental manis.

Kalau suka durian, Anda juga bisa mencicip es durian hingga es campur komplet yang nikmat. Lokasinya ada di Pasar Lama, Tangerang Kota. (lus/odi)
FOKUS BERITA Yang Enak di Tangerang