Jajanan Murah Meriah

Lupis, Sosis Solo hingga Kue Lumpur, Jajan Pasar yang Murah Meriah dan Sedap!

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Kamis, 05 Apr 2018 15:30 WIB
Foto: iStock
FOKUS BERITA Jajanan Murah Meriah
Jakarta - Membicarakan jajanan murah meriah, aneka jajanan pasar tak bisa ditinggalkan. Ada lupis, sosis Solo dan kue lumpur yang selalu jadi favorit. Harganya tak lebih dari Rp 5.000!

Ragam jajanan pasar atau kue basah kini masih mudah ditemui. Ada yang dijajakan di sekitar pasar atau penjual kue di dekat-dekat perumahan. Biasanya jajanan pasar dinikmati sebagai sarapan. Berikut jenis jajan pasar murah meriah yang masih populer.

Baca Juga: Meski Murah Rasa Enaknya Bisa Bikin Ketagihan

Lupis, Sosis Solo hingga Kue Lumpur, Jajan Pasar yang Murah Meriah dan Sedap!Foto: iStock

1. Pastel
Camilan bundar dengan sisian berpilin ini menawarkan kulit yang renyah. Pastel makin padat bernutrisi karena diisi suwiran daging ayam, bihun, wortel dan kadang telur. Biasanya pastel dinikmati dengan cabai rawit. Di penjual kue basah, pastel dihargai Rp 2.000 per buah.

2. Lemper
Untuk yang mengenyangkan, banyak orang memilih lemper. Panganan berbungkus daun pisang ini dibuat dari nasi ketan dan santan. Di dalamnya ada isian ayam suwir dan abon. Biasanya lemper berbentuk balok, meski ada juga yang silindris. Lemper bisa dikukus atau dibakar. Harga per buahnya sekitar Rp 3.000.

Lupis, Sosis Solo hingga Kue Lumpur, Jajan Pasar yang Murah Meriah dan Sedap!Foto: iStock

3. Lupis
Termasuk jajanan pasar, lupis juga punya banyak penggemar. Ciri khasnya berbentuk segitiga, meski ada juga yang silindris. Lupis dibuat dari beras ketan dengan warna hijau karena dibungkus daun pisang. Untuk menikmatinya, lupis disiram saus gula merah dan ditaburi parutan kelapa. Biasanya lupis dijual bersama aneka jajan pasar lain dengan harga sekitar Rp 5.000 per porsi kecil.

4. Risoles
Selain pastel, risoles di penjual jajanan pasar juga punya banyak penggemar. Kulitnya lembut dilapisi tepung panir. Di dalamnya ada potongan dadu kentang, wortel dan daging ayam. Ada juga yang menambahkan ragout. Versi Amerika, risoles diberi isian daging asap, mayonnaise, keju dan telur. Harga per buah risoles Rp 3.000 sampai Rp 5.000.

5. Martabak tahu
Martabak tahu merupakan versi mini martabak telur. Bedanya, di dalam martabak hanya ada isian tahu putih yang sudah dihaluskan. Beberapa penjual juga mencampurkannya bersama irisan daun bawang. Martabak tahu paling enak dinikmati hangat-hangat sambil menggigit cabai rawit. Satu buah martabak tahu biasanya dijual Rp 3.000.

Lupis, Sosis Solo hingga Kue Lumpur, Jajan Pasar yang Murah Meriah dan Sedap!Foto: iStock

6. Sosis Solo
Camilan gurih dari Solo, sosis Solo juga punya banyak penggemar. Rasanya gurih-gurih manis dengan bentuk mirip risol. Bagian kulit sosis Solo dibuat dari tepung terigu dan telur. Sementara isiannya bisa memakai daging ayam atau daging sapi cincang. Pendamping paling pasnya juga cabai rawit. Sosis Solo dijual sedikit lebih mahal dari risol biasa, sekitar Rp 2.500 per buah.

7. Arem-arem
Mirip lontong dan lemper, arem-arem berisi nasi bersantan dengan isian sambal goreng. Arem-arem sering jadi pilihan sarapan praktis yang mengenyangkan karena berbahan nasi. Tinggal kupas bungkusnya, lalu santap! Harga arem-arem juga terbilang terjangkau, sekitar Rp 2.000 per buah.

8. Kue lumpur
Kue lumpur merupakan salah satu jajanan pasar yang cukup banyak disukai. Teksturnya lembut dengan rasa manis tak berlebihan. Selain rasa original, ada juga variasi kue lumpur bercitarasa unik seperti talas. Kue berbahan santan, terigu dan telur ini dibanderol sekitar Rp 3.000 per buah.

Baca Juga: Yang Dikukus dan Direbus Juga Enak Mengenyangkan

(adr/odi)
FOKUS BERITA Jajanan Murah Meriah