Jajanan Murah Meriah

Yang Dikukus dan Direbus Juga Enak Mengenyangkan

Devi Setya - detikFood Rabu, 04 Apr 2018 16:00 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
FOKUS BERITA Jajanan Murah Meriah
Jakarta - Rasa gurih renyah dari makanan gorengan memang enak. Tetapi jajanan yang dikukus dengan aneka saus juga tak kalah sedap. Seperti jajanan ini.

Camilan yang dikukus atau direbus juga banyak jenisnya. Dari siomay, pentol, cilok hingga senal. Diberi bumbu atau disajikan dengan aneka saus yang pedas gurih. Makin enak saat dimakan hangat.

1. Cilok
Yang Dikukus dan Direbus Juga Enak MengenyangkanFoto: Istimewa
Cilok alias aci dicolok disukai banyak orang. Jajanan satu ini favorit anak-anak hingga karyawan kantoran. Pedagangnya juga banyak dan mudah ditemui.

Cilok yang dibuat dari adonan tepung sagu atau aci ini dimasak dengan cara direbus kemudian dikukus. Cilok hangat disajikan bersama saus sambal dan kecap manis. Rasanya kenyal-kenyal gurih.

2. Seblak
Seblak dimasak menggunakan sedikit minyak untuk menumis bumbu. Selebihnya, seblak dimasak dengan air hingga matang.

Jajanan asal Bandung ini juga sekarang mudah ditemui di Jakarta. Seblak punya berbagai versi mulai yang harganya Rp 5.000 hingga puluhan ribu.

Baca juga : Huaah! Seblak Lovers Harus Cicip 9 Seblak Super Pedas di Sini

3. Pentol
Yang Dikukus dan Direbus Juga Enak MengenyangkanFoto: Istimewa
Selain cilok, ada juga jajanan bulat bernama pentol. Bola-bola pentol terbuat dari adonan bakso yang dibentuk bulat kecil. Pentol dimasak dengan cara direbus kemudian dikukus agar tetap hangat.

Pentol disajikan dengan pelengkap saus kacang atau sambal. Sekarang ada pentol kekinian yang disajikan bersama sambal ekstra pedas. Pemburunya biasanya para wanita.

4. Siomay
Jajanan yang ini bukan hanya bisa jadi teman ngemil tapi juga sering diandalkan jadi makanan pengganjal perut. Seporsi siomay bisa berisi macam-macam makanan yang semuanya dimasak dengan cara dikukus dan rebus.

5. Jasuke
Yang Dikukus dan Direbus Juga Enak MengenyangkanFoto: Istimewa
Mau jajanan manis? Ada jasuke alias jagung susu keju. Jagung pipil dimasak dengan cara direbus kemudian dikukus agar terus hangat. Penyajiannya dilengkapi susu kental manis dan keju parut.

Rasa manis alami dari keju dan susu seolah saling melengkapi dan ditambah gurihnya keju. Makin enak, jasuke sebaiknya disantap saat masih hangat. Dijual dalam gelas cup kecil, harganya terjangkau.

Baca juga : Otak-otak yang Empuk Berpadu dengan Bumbu Kacang Gurih (dvs/odi)
FOKUS BERITA Jajanan Murah Meriah