Ini 5 Jenis Makanan yang Sebaiknya Tidak Dipesan Saat di Pesawat

Sonia Basoni - detikFood Rabu, 04 Apr 2018 14:30 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Berpergian menggunakan pesawat memang menghemat waktu. Namun, rendahnya kualitas makanan membuat Anda harus lebih teliti sebelum memesan makanan di pesawat.

Kualitas makanan di pesawat belum baik kualitasnya. Apalagi banyak penelitian yang menemukan bahwa berada dalam ketinggian, membuat orang lebih cepat merasa bosan dan memilih untuk makan atau ngemil.

Baca Juga: Ini Alasan Mengapa Gordon Ramsay Tak Pernah Menyentuh Makanan di Pesawat

"Penerbangan dan pesawat merupakan lingkungan yang ideal untuk makan tanpa berpikir panjang," ungkap Mike Roussell, selaku ahli nutrisi dan kesehatan kepada Menshealth (04/04). Kebosanan, kelelahan, dan minimnya pilihan membuat para penumpang lebih sering memesan makanan ketika di pesawat.

Padahal banyak makanan di pesawat yang tidak sehat. Untuk itu ada beberapa jenis makanan yang harus Anda hindari ketika memesan makanan di pesawat.


1. Makanan ringan

Ini 5 Jenis Makanan yang Sebaiknya Tidak Dipesan Saat di PesawatFoto: iStock
Banyak maskapai penerbangan yang menjual produk camilan ringan seperti keripik, pretzel, cookies, yang mengandung banyak natrium serta karbohidrat tanpa kandungan gizi sama sekali.

Menurut ahli diet Ryan Maciel dari Cambridge, kelebihan natrium menyebabkan tubuh bergantung pada cairan sehingga membuat seseorang merasa kembung dan begah
selama penerbangan.


2. Snack bar

Snack bar sering dianggap sebagai camilan sehat yang berada di pesawat. Snack bar sendiri umumnya terdiri dari oatmeal atau protein bar. Padahal kemasan snack bar ini umumnya memiliki kandungan gula tersembunyi dan pengawet.

Charles Platkin selaku direktur eksekutif dari Hunter College's Food Policy Center, menyarankan untuk mengganti camilan snack bar dengan hummus atau sayuran, yang kaya akan vitamin, mineral, serat, dan protein.


3. Makanan mengandung karbohidrat
Ini 5 Jenis Makanan yang Sebaiknya Tidak Dipesan Saat di PesawatFoto: Getty Images
Makanan yang mengandung karbohidrat tinggi seperi pasta dengan krim atau keju, saus berkualitas rendah, roti, muffin, atau kue lainnya membuat tubuh merasa lebih lesu, tidak enak, dan lainnya.

Rousell menyarankan untuk mengganti menu makanan ini dengan sesuai yang lebih ringan, seperti salad. Atau memesan daging tanpa lemak dan ikan.


4. Kacang dan brokoli

Terkadang sulit untuk menemukan sayuran atau kacang-kacangan yang segar di pesawat maupun bandara. Jika Anda membawa bekal sayuran ke dalam pesawat, terutama brokoli. Menurut ahli gizi But Guillume de Syon, makan sayuran tersebut sebelum naik ke pesawat.

Tekanan udara yang tinggi membuat kualitas sayuran dan kacang menjadi tidak segar.


5. Kopi
Ini 5 Jenis Makanan yang Sebaiknya Tidak Dipesan Saat di PesawatFoto: Istimewa
Kopi merupakan salah satu minuman yang harus dihindari ketika berada di dalam pesawat. "Indera perasa Anda dipengaruhi oleh tekanan udara," ungkap de Syon.

Selain rasa kopi yang berubah, kopi juga memiliki kandungan diuretik yang mendorong seseorang untuk buang air kecil, dan dapat menyebabkan dehidrasi terutama dengan udara di kabin pesawat yang sangat kering.

Baca Juga: Ternyata Hanya 2 Makanan Ini yang Paling Baik Disantap di Atas Pesawat (sob/odi)