Ini Ritual Minum Teh Keluarga Kerajaan Inggris yang Harus Dipelajari Meghan Markle

Dewi Anggraini - detikFood Selasa, 03 Apr 2018 13:30 WIB
Foto: Istimewa
Jakarta -
Meghan Markle dikabarkan akan mengikuti latihan cara minum teh yang benar. Ini dilakukan agar ia tak canggung saat minum teh bersama Ratu Elizabeth nanti.

Minum teh sudah jadi kebiasaan masyarakat Inggris. Apalagi bagi keluarga kerajaan. Ritual ini ternyata tidak sembarangan dilakukan. Ada serangkaian etiket dalam menikmatinya. Karenanya, sebagai istri dari Pangeran Harry, Meghan Markle wajib mempelajari etiket tersebut sebelum minum teh bersama sang Ratu Inggris, Elizabeth II.

Ini Ritual Minum Teh Keluarga Kerajaan Inggris yang Harus Dipelajari Meghan MarkleFoto: Getty Images
Baca Juga: Kebiasaan Minum Teh Putri Bangsawan Inggris yang Kini Mendunia

Berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan jika ingin minum teh sesuai dengan ritual keluarga kerajaan Inggris dilansir Food & Wine (2/4). Seperti diketahui teh Inggris selalu dinikmati bersama susu cair.

1. Anda tidak diperkenankan untuk menuangkan susu lebih dulu daripada teh. Susu harus dituang terakhir ke dalam cangkir.

2. Jangan mengaduk teh yang sudah dituangi susu secara melingkar searah jarum jam. Tapi aduk dengan cara sendoknya digerakkan maju mundur. Menurut ahli etiket Inggris bernama Jo Bryant, hal ini dilakukan agar sendok tidak mengenai dinding cangkir hingga bersuara.

3. Bryant juga menyarankan untuk tidak meniup-niup teh agar cepat dingin. Anda juga harus mengangkat cangkir dari alasnya bila ingin menyesap tehnya.

4. Jangan memegang cangkir teh dengan jari kelingking terbuka sehingga menghadap ke atas.

5. Untuk wanita, hanya boleh menyesap teh di bagian cangkir yang sama. Agar tidak meninggalkan jejak lipstick di seluruh cangkir.

Ini Ritual Minum Teh Keluarga Kerajaan Inggris yang Harus Dipelajari Meghan MarkleFoto: Istimewa
6. Umumnya ada camilan yang disajikan saat minum teh. Seperti sandwich mini dan biskuit. Anda bisa memakannya langsung dengan tangan atau dengan pisau dan garpu. Jika Anda memilih untuk menggunakan sendok dan garpu, jangan pernah meletakannya di atas piring jika Anda belum selesai makan.

7. Penempatan serbet juga harus diperhatikan. Jangan meninggalkan serbet di atas tempat duduk. Jika Anda ingin ke toilet, letakkan serbet makan di samping kiri piring tanpa dilipat.

8. Jika berbincang lama dengan pemilik rumah dan Anda hanya menyesap secangkir teh, Anda akan dinilai tidak sopan. Menurut ahli etiket The Royal Butler, sebaiknya minimal minum dua cangkir teh.

Markle harus mengingat semua peraturan tersebut sebelum bertemu dengan nenek dari Pangeran Harry. Karenanya ia harus mengikuti pelatihan khusus untuk bisa menyesap teh bersama Ratu Elizabeth. Terlebih Ratu Elizabeth II merupakan tokoh yang paling dihormati dan berpengaruh di Inggris.

Baca Juga: 10 Tata Cara Saat Menikmati Afternoon Tea Gaya Inggris (1)
(dwa/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com