Mengenal Afternoon Tea

10 Tata Cara Saat Menikmati Afternoon Tea Gaya Inggris (1)

Maya Safira - detikFood Kamis, 04 Agu 2016 16:32 WIB
Foto: iStock
FOKUS BERITA Mengenal Afternoon Tea
Jakarta - Afternoon tea sudah menjadi kebiasaan masyarakat Inggris. Ternyata ini tak sembarangan dilakukan. Ada serangkaian etiket dalam menikmatinya.

Afternoon tea dikenal sebagai pengisi waktu antara makan siang dan makan malam. Di waktu ini warga Inggris menikmati makanan ringan seperti cake dan sandwich sambil menyesap segelas teh hangat.

Lebih dari sekedar makan dan minum, ada aturan yang perlu dilakukan saat melakukan afternoon tea di Inggris. Inilah etiket yang perlu diketahui terkait afternoon tea, seperti dirangkum dari berbagai sumber.

1. Pakaian
Sebelum menikmati afternoon tea, mungkin ada yang bertanya-tanya mengenai pakaian yang perlu digunakan. Kebanyakan tempat saat ini lebih mengusung suasana santai yang cocok dengan dress code 'smart casual'. Sehingga tak perlu berpakaian terlalu formal. Sebaiknya hindari juga penggunaan baju atau sepatu olahraga.

2. Kenali istilah



Terminologi yang digunakan saat berbicara mengenai afternoon tea kerap membingungkan. Istilah 'Afternoon Tea' secara tradisional berupa sandwich, scone dan aneka cake yang disuguhkan besama teh.

Banyak orang dari luar Inggris sering merujuk afternoon tea Inggris sebagai 'High Tea'. Tapi istilah ini secara tradisional menandakan makanan yang sama sekali berbeda.

Sebenarnya high tea merujuk pada makanan yang lebih gurih dan mengenyangkan. Seperti roasted ham, roti, udang dan lainnya. Dulu dilakukan oleh masyarakat kelas bawah di meja makan biasa, bukan meja rendah atau coffee table. Karena itu disebut high tea.

Seiring kepopuleran istilah high tea di banyak negara, beberapa tempat di Inggris ikut menyebut afternoon tea sebagai high tea.

3. Mencelup biskuit ke dalam teh



Hal ini termasuk dilarang dalam afternoon tea. Sebaiknya hindari mencelup biskuit ke dalam teh saat melakukan afternoon tea di hotel atau restoran. Mungkin ini dapat dilakukan saat sedang di rumah.

4. Lebih dulu krim atau selai



Bagian tak terpisahkan dari afternoon tea adalah keberadaan scone, krim, mentega dan selai. Ada yang memperdebatkan apakah lebih dulu menggunakan krim atau selai pada scone. Menurut afternoontea.co.uk, dalam tradisi Devon biasanya krim lebih dulu digunakan baru selai. Sementara pada tradisi Cornish, lebih dahulu memakai selai baru diberi topping krim. Pada akhirnya ini kembali pada selera.

5. Cara mengaduk teh



Saat menyiapkan teh, ada banyak cara meraciknya. Bisa menambah lemon, gula, atau susu. Namun satu yang perlu diingat adalah cara pengaduk tepat.

Aduk teh dengan sendok dari posisi pukul 06.00 ke pukul 12.00. Lakukan ke arah depan dan belakang, bukan melingkar. Usahakan pengadukan tidak menimbulkan dentingan akibat sendok bersentuhan dengan sisi cangkir.

Setelah diaduk, jangan tinggalkan sendok dalam cangkir. Angkat sendok, taruh pada piring tatakan di sisi cangkir. (msa/odi)
FOKUS BERITA Mengenal Afternoon Tea