Seluruh Gerai McDonald's Inggris Akan Ganti Sedotan Plastik dengan Sedotan Kertas

Dewi Anggraini - detikFood Jumat, 30 Mar 2018 12:20 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - McDonald's Inggris melakukan uji coba untuk mengganti sedotan plastik dengan sediakan sedotan kertas daur ulang. Hal ini akan diterapkan di seluruh gerai di Inggris.

Jaringan makanan cepat saji asal Amerika, McDonald's memang sudah berkomitmen untuk mengganti kemasan dengan bahan ramah lingkungan awal tahun lalu.

Gerai makanan cepat saji ini sebenarnya sudah menunjukkan sikap ramah lingkungan dengan menggunakan pendingin ruangan yang lebih ramah lingkungan dan mengolah minyak bekas menjadi bahan bakar biodiesel.

Baca Juga: McDonald's dan Starbucks Sepakat Ganti Kemasan dengan Bahan Ramah Lingkungan

Seluruh Gerai McDonald's Inggris Akan Ganti Sedotan Plastik dengan Sedotan KertasFoto: Istimewa

Keseriusan MDonald's terkait masalah lingkungan semakin terlihat. Mulai bulan Mei nanti, seluruh gerai McDonald's di Inggris akan mengurangi pemakaian sedotan plastik. Gerai ini akan melakukan uji coba penggantian sedotan plastik dengan sedotan kertas.

Hal ini diumumkan langsung oleh CEO McDonald's Inggris, Paul Pomroy. "Pengurangan pemakaian bahan plastik sangat penting dalam bisnis ini terlebih sektor ini dan bagi masyarakat. Hal lain yang kami ingin lakukan adalah berpindah dari sedotan plastik ke sedotan kertas daur ulang, dengan bangga saya mengatakan hal ini akan mulai di bulan depan," ujar Pomroy pada News Sky (28/3).

Walau sedotan plastik yang ada bisa didaur ulang, namun McDonald's menemukan pemakaian sedotan plastik di Inggris mencapai 8.5 miliar tiap tahunnya. Karenanya sedotan plastik tetap ada tapi hanya diberikan pada pelanggan yang meminta langsung pada staf.

"Jika Anda datang ke McDonald's, Anda akan ditanya apakah Anda ingin sedotan plastik," tutur Pamroy

Seluruh Gerai McDonald's Inggris Akan Ganti Sedotan Plastik dengan Sedotan KertasFoto: Istimewa

Ada sebanyak 1.300 gerai McDonald's di Inggris. Perharinya rata-rata ada sebanyak 3.9 juta pembeli.

Jumlah rata-rata per tahunnya, 90% warga Inggris berkunjung ke salah satu gerai makanan cepat saji ini.
Kedepannya, McDonald's akan membuat tempat minum yang bisa didaur ulang. Saat ini pihaknya masih mengupayakan pembuatan tutup minuman yang bisa didaur ulang. Dalam pembuatannya, bagian tutup ini jika dibuat dengan bahan yang bisa didaur ulang ternyata tidaklah mudah.

"Kami sudah semakin dekat, jadi kami berharap di tahun depan bisa memiliki tutup yang bisa didaur ulang yang bisa dipakai untuk minuman panas maupun dingin," jelas Pamroy.

Baca Juga: Terungkap! Ini Alasan Logo McDonald's Berwarna Kuning dan Merah (lus/odi)