Begini Cara Makan Scone yang Benar Menurut Ratu Elizabeth II

Sonia Basoni - detikFood Senin, 26 Mar 2018 13:10 WIB
Foto: Istimewa
Jakarta - Banyak cara untuk menikmati scone. Kue yang popular di Inggris ini rupanya mengundang perdebatan tentang bagaimana cara menikmatinya dengan tepat.

Sebagai salah satu sajian wajib afternoon tea di Inggris, scone memiliki banyak cara untuk menikmatinya. Afternoon tea sendiri merupakan tradisi warga Inggris yang mendunia. Semua berawal pada abad 19 ketika Anna, Duchess Bedford ke-7 terbiasa memesan teh, roti, dan kue di sore hari. Hal ini ia lakukan untuk menghalau rasa lapar sebelum jam makan malam tiba. Dari sinilah kebiasaan afternoon tea lahir.
Begini Cara Makan Scone yang Benar Menurut Ratu Elizabeth IIFoto: Istimewa
Baca Juga: Kebiasaan Minum Teh Putri Bangsawan Inggris yang Kini Mendunia

Rangkaian afternoon tea biasanya diawali dengan menyantap scone dengan aneka olesan. Biasanya berupa aneka selai buah dan clotted cream.

Dilansir dari The Daily Meal (24/03), selama beberapa generasi orang Inggris memperdebatkan mana yang lebih dulu diolesi ke atas scone, selai atau krim?
Begini Cara Makan Scone yang Benar Menurut Ratu Elizabeth IIFoto: Istimewa
Tradisi mengolesi selai dan krim di atas scone memang sudah ada sejak abad kesebelas, yang hingga kini masih menjadi perdebatan manakah yang harus diolesi lebih dulu. Setiap wilayah di Inggris memiliki tradisi yang berbeda, seperti wilayah Devon yang mengolesi krim lebih dulu ke atas scone mereka sebelum selai. Wilayah Cornwall lebih memilih mengolesi scone mereka dengan selai terlebih dahulu.

Tapi menurut seorang mantan Chef kerajaan di Istana Buckingham menyebutkan bahwa sebenarnya selai seharusnya lebih dulu dioleskan di atas scone, seperti yang Ratu Elizabeth lakukan.
Begini Cara Makan Scone yang Benar Menurut Ratu Elizabeth IIFoto: iStock
Ratu Elizabeth yang setiap harinya menikmati afternoon tea, selalu mengolesi sconenya dengan selai terlebih dahulu.

"Sang ratu selalu mengolesi sconenya dengan selai Balmoral buatan sendiri, atau sedikit selai scarlet jika selai Balmoral habis. Baru setelah itu scone diolesi krim." pungkas mantan chef kerajaan, Darren McGrady melalui akun twitternya @DarrenMcGraddy.

Selain selai Balmoral, Ratu Elizabeth juga suka dengan segarnya selai little scarlet yang terbuat dari buah strawberry. Biasanya sang ratu nikmati dengan scone hangat dan secangkir earl grey tea.

Baca Juga: Menurut Mantan Chef Pribadi, Ratu Elizabeth Suka Mentega dan Strawberry (sob/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com