Manis Segar Es Campur

Ke Semarang, Jangan Lupa Mampir Jajan Es Puter Cong Lik yang Legendaris

Lusiana Mustinda - detikFood Rabu, 21 Mar 2018 16:50 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Es puter legendaris ini jadi buruan wisatawan kalau ke Semarang. Ditambah dengan daging durian, siwalan hingga irisan roti tawar. Penasaran dengan rasanya?

Es puter disebut juga dengan es dung dung. Ini menjadi salah satu dessert asal Indonesia yang berbahan santan sebagai pengganti susu. Tekstur dari es puter ini agak kasar dengan sensasi rasa manis dengan semburat agak asin.

Di Semarang, ada kedai es puter terkenal yang berlokasi di Jalan KH Ahmad Dahlan A No. 11, Semarang Tengah, Karangkidul. Kalau sulit menemukan kedainya, tempatnya terletak persisi di sebelah Rumah Sakit Telogorejo.

Ke Semarang, Jangan Lupa Mampir Jajan Es Puter Cong Lik yang LegendarisFoto: Istimewa

Es puternya memiliki beberapa varian rasa yang bisa Anda pilih. Ada cokelat, alpukat, durian dan kelapa. Namun jika menjelang puasa tersedia juga rasa lainnya seperti nangka, sirsak, kacang hijau, blewah hingga leci.

Baca juga: Segar! Podeng dengan Campuran Es Puter yang Enak dari Jakarta

Menurut cerita, es puter ini pertama kali dijual oleh Sukimin yang sering berjualan disekitar Pecinan. Berkeliling sambil membawa gerobak sedari kecil, Sukimin pun dijuluki pelanggannya dengan Cong Lik yang merupakan kepanjangan Kacung Cilik (pembantu kecil).

Ke Semarang, Jangan Lupa Mampir Jajan Es Puter Cong Lik yang LegendarisFoto: Istimewa

Kini Es Cong Lik diteruskan oleh generasi kedua yaitu sang anak sejak tahun 1982. Seporsi es ini berisi beberapa scope es puter, dua buah irisan roti, biji mutiara dan kelapa. Esnya masih dibuat secara manual untuk mendapatkan rasa dan tekstur yang autentik.

Seporsi es puter ini dibandrol dengan harga Rp 15.000 hingga Rp 20.000. Warung Es Puter Cong Lik ini buka pada sore hingga malam hari yaitu pukul 18.00 hingga 24.00. Yuk, coba!

Baca juga: Sluurp! Sensasi Dingin Kulfi, Es Puter Enak Asal India (lus/odi)