Manis Segar Es Campur

Segar! Podeng dengan Campuran Es Puter yang Enak dari Jakarta

Lusiana Mustinda - detikFood Selasa, 20 Mar 2018 17:00 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
FOKUS BERITA Manis Segar Es Campur
Jakarta - Sajian es lokal ini rasanya paling juara. Dicampur dengan es puter dan beberapa bahan lainnya membuat minuman ini banyak penggemarnya sampai sekarang.

Nama Podeng sebenarnya berasal dari bahasa Madura yang memiliki arti es puter. Es ini menjadi salah satu kuliner khas Jakarta meskipun beberapa sumber mengatakan bahwa es ini berasal dari Garut yang dibawa oleh pedagang disana untuk dibawa ke Jakarta.

Segar! Podeng dengan Campuran Es Puter yang Enak dari JakartaFoto: iStock

Di Jakarta, penjual es podeng tersebar luas. Terutama di dekat perkantoran yang dijajakan dengan gerobak. Menurut sejarahnya, pada zaman kolonial ketika es krim hanya disajikan untuk kalangan tertentu saja kemudian masyarakat Indonesia membuat modifikasi yang berbeda dengan mengganti bahan utama susu dengan santan. Kemudian dibuat dengan alat khusus yaitu mesin putar manual.

Baca juga: Dingin Manis, Podeng Segar dengan Campuran Es Puter Nangka

Es puter dibuat dari campuran santan, gula dan potongan nangka. Selain membuat es puter dengan rasa nangka.Beberapa penjual juga membuat es dengan beberapa bahan lain seperti durian dan alpukat.

Segar! Podeng dengan Campuran Es Puter yang Enak dari JakartaFoto: Dok. detikFood

Sekilas, es podeng memiliki tampilan yang mirip dengan es oyen asal Bandung. Seporsi es podeng terdiri dari serutan jelly, biji mutiara, potongan roti tawar, ketan hitam hingga kerukan buah alpukat. Makin enak ditambah dengan es puter yang lembut dan dingin serta diberi topping kacang tanah sangrai, meisjes cokelat dan susu cokelat di atasnya.

Seporsi es Podeng dibandrol dengan harga Rp 8.000 hingga Rp 10.000. Berjualan dari siang hingga sore hari. Kalau tertarik, Anda bisa coba langsung datang ke kawasan Warung Buncit, atau di kawasan Jl. Lombok, Menteng dan di depan sekolah-sekolah. Cocok nih jadi minuman segar saat cuaca panas.

(lus/odi)
FOKUS BERITA Manis Segar Es Campur