Ragam Jajanan Gerobak

Dingin Manis, Podeng Segar dengan Campuran Es Puter Nangka

Lusiana Mustinda - detikFood Rabu, 11 Jan 2017 14:39 WIB
Foto: detikFood Foto: detikFood
FOKUS BERITA Ragam Jajanan Gerobak
Jakarta - Cuaca yang panas, enaknya menikmati minuman dingin. Es podeng dengan tambahan es puter dan alpukat bisa Anda coba.

Es podeng memiliki tampilan yang sekilas mirip dengan es oyen asal Bandung. Isiannya berupa serutan jelly, potongan roti tawar, ketan hitam serta kerukan buah alpukat. Makin enak ditambahkan dengan es puter yang dingin dan lembut. Tak lupa diberi topping susu cokelat, meisjes dan kacang tanah sangrai.

Sudah berjualan es podeng sekitar 20 tahun, Bapak Ansori setiap harinya menjajakan esnya di kawasan Pejaten dan Mampang sejak pukul 10 pagi hingga 4 sore.

Dingin Manis, Es Podeng Segar dengan Campuran Es Puter NangkaFoto: detikFood
Es puter setiap harinya dibuat sendiri. Dibuat dari campuran santan, gula dan potongan nangka, racikan es ini semakin menambah segar kelezatan es podeng. "Bahan-bahannya semuanya dicampur terus dimasukkan ke dalam alat untuk membuat es puter hingga beku," jelas Ansori kepada detikFood beberapa waktu lalu.

Es Podeng Gareng ini memang tak asing lagi. Selain dijajakan di pinggir jalan dengan gerobak, setiap ada festival di kawasan Kelapa Gading, usaha es podeng keluarga ini juga selalu berpartisipasi. Kepada detikFood, Ansori juga memperlihatkan piagam penghargaan yang pernah ia dapat pada tahun 2014 silam.

Dingin Manis, Es Podeng Segar dengan Campuran Es Puter NangkaFoto: detikFood
Segelas es podeng dijual dengan harga Rp 8.000. Kalau ngidam es podeng siang ini, Anda bisa langsung mampir ke daerah Warung Buncit tepatnya sebelum halte busway Buncit Indah hingga pukul 4 sore nanti. Sluurp, segar! (lus/odi)
FOKUS BERITA Ragam Jajanan Gerobak