Sluurp! Sensasi Dingin Kulfi, Es Puter Enak Asal India

Ellia Avrizella Quenda - detikFood Selasa, 03 Mei 2016 09:35 WIB
Foto: Indian Express Foto: Indian Express
Jakarta - Teksturnya lembut dan rasanya dingin manis. Kulfi tergolong dessert yang digemari di India. Umumnya ditaruh dalam pot tanah liat atau dicetak dengan stik seperti es loli.

Sajian ini dikategorikan sebagai dessert yang dijual dalam pot besar. Kulfi juga dikenal dengan sebutan matkas yang ditutupi dengan kain basah. Dijajakan berkeliling oleh kulfiwalas dalam pot berisi kulfi ditaruh dalam wadah berisi es dan garam. Mirip es puter.

Mereka menjual kulfi dengan stik, seperti es loli dan ditaruh dalam cangkir atau dalam bentuk potongan yang ditaruh di atas daun pisang.

1.Asal usul kulfi


Kulfi diproses dengan menguapkan susu memang sudah sangat populer di India. Kemudian, selama periode Mughal, campuran ini dibumbui dengan pistachio dan kunyit, dikemas dan dimasukkan ke dalam cone berbahan logam. Kemudian direndam dalam memaran es.

Resep ini juga disebutkan dalam Ain-i-Akbari, dokumen rekaman administrasi Kaisar Akbar karena telah populer dibuat di dapur kerajaan.

2. Kulfi tradisional
Kulfi tradisional dibuat dengan merebus susu kental manis yang sudah diberi peras di atas api kecil sambil diaduk-aduk.

Ketika volume berkurang dan campurannya mengental kemudian didinginkan dan beri topping kacang kapulaga, kunyit, atau pistachio.

Campuran ini kemudian dibekukan di dalam wadah tanah liat yang tertutup rapat. Direndam dalam memaran es yang diberi garam dan diputar-putar hingga membeku. Proses ini membuat tekstur es lembut dan halus.

Kini banyak dipakai cetakan logam dan kulfi dibekukan dalam freezer lemari es selama 6-7 jam hingga membeku.

3. Cara baru menyajikan kulfi


Cara menyajikan kulfi kian mudah dan mengalami perkembangan. Kulfi saat ini bisa menggunakan susu kental manis dan krim kental sehingga prosesnya lebih cepat.

Larutan tepung maizena dan air digunakan untuk mengentalkan campuran kulfi. Atau ditambahkan tepung roti dan gula untuk mengentalkan.

Kulfi kemudian dibekukan dalam cetakan atau mangkuk, disimpan dalam freezer hingga beku.

Varian rasa dari tradisional kulfi, yaitu malai, kesar, pista, badam, and rose tapi sekarang ada tambahan varian baru.

Sementara rasa buah seperti mangga, sitaphal, lengkeng, apel, jeruk dan strawberry telah menjadi favorit. Juga rasa kelapa, kacang, coklat dan alpukat juga menjadi populer. Adapula rasa yang paling disukai anak-anak, kulfi falooda. Ini adalah kulfi dengan nasi mie yang dilumuri sirup gula dan bahan-bahan lainnya. Kulfi populer di seluruh negeri dan kota-kota besar. Termasuk makanan yang relatif murah dan sudah dijual kepada penduduk lokal sejak tahun 1908.

Pada generasi sebelumnya, kulfi dijual hanya dua rasa - plain rabri dan mangga dengan menggunakan gerobak dorong. Sekarang kulfi memiliki lebih dari lima puluh varian rasa, termasuk yang tidak biasa seperti delima, kala jamun dan asam.

Para produsen mengaku tidak menggunakan bahan pengawet pada kulfi. Ada juga kulfi bebas gula untuk mereka yang menderita diabetes atau obesitas.

(adr/odi)