Citarasa Eksotik Bali

5 Makanan Khas Bali Ini Disajikan Saat Hari Raya Nyepi

Devi Setya - detikFood Kamis, 15 Mar 2018 14:20 WIB
Foto: Istimewa/baliindonesiatourism Foto: Istimewa/baliindonesiatourism
FOKUS BERITA Citarasa Eksotik Bali
Jakarta - Berbeda dengan perayaan hari besar keagamaan lain yang dilakukan penuh kemeriahan. Nyepi justru diisi dengan suasana hening. Namun makanan khas tetap tersaji.

Berbagai hidangan khas Bali disajikan dan dinikmati saat hari raya Nyepi. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut 5 makanan yang wajib hadir saat perayaan Nyepi.

1. Entil
5 Makanan Khas Bali Ini Disajikan Saat Hari Raya NyepiFoto: Istimewa/teluklove
Makanan yang satu ini mirip seperti lontong namun berbeda karena pembungkusnya bukan daun pisang melainkan daunnyelep atau telengidi. Daun ini memiliki bentuk lebar dan panjang sepeti daun kunyit.

Beras diolah dengan cara dibungkus daun nyelep lalu diikat dengan tali bambu. Setelahnya baru direbus hingga matang.

Baca juga : Yuk, Bikin Plecing Kangkung Khas Bali Buat Makan Siang!

2. Ketongkol
Selain entil, ada juga ketongkol yakni sajian yang mirip lontong namun bentuknya kerucut. Ketongkol biasanya dibungkus dengan daun pisang.

Saat disajikan, ketongkol dimakan bersama lauk dan sayur termasuk sambal matah. Tapi beberapa orang suka menyantap ketongkol langsung tanpa tambahan apapun karena rasanya sudah gurih.

3. Nasi tepeng
Nasi tepeng merupakan hidangan berat yang disajikan saat Nyepi. Nasi ini banyak disajikan masyarakat di daerah Gianyar.

Ciri khas nasi tepeng adalah rasa rempah dan lada yang cukup kuat. Biasanya orang Bali makan nasi tepeng dengan lauk kacang panjang, kacang merah, nangka muda, terong, sayur daun kelor dan kelapa parut. Makannya pakai pincuk daun pisang.

Baca juga : Tum dan Serombotan, Makanan Tradisional Bali yang Sedap dan Sehat

4. Pulung Nyepi
5 Makanan Khas Bali Ini Disajikan Saat Hari Raya NyepiFoto: Istimewa
Pulung Nyepi mirip seperti kolak biji salak yang disajikan tanpa kuah santan dan gula merah. Terbuat dari tepung beras, makanan tradisional ini biasa disajikan oleh masyarakat Desa Sukasada.

Pulung Nyepi terbuat dari tepung beras yang dicampur tepung kanji kemudian dikukus hingga matang. Adonan ini dibentuk bulat lonjong dengan cara dipulung sebelum direbus. Saat disajikan, pulung nyepi dimakan bersama kelapa muda parut.

5. Cerorot
Kue yang satu ini sangat umum ditemui saat berkunjung ke Bali, termasuk saat Nyepi. Kue ini berbentuk kerucut memanjang dengan isi yang manis bertekstur kenyal.

Pembungkus kue ini adalah janur kelapa yang dililit memutar. Tak hanya di Bali, cerorot juga bida ditemui di berbagai daerah lainnya terutama Jawa. (dvs/odi)
FOKUS BERITA Citarasa Eksotik Bali