Jelajah Gizi 2015

Yuk, Bikin Plecing Kangkung Khas Bali Buat Makan Siang!

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Senin, 02 Nov 2015 12:39 WIB
Foto: detikFood Foto: detikFood
Jakarta -

Kangkung adalah sumber serat yang murah dan mudah didapat. Plecing kangkung khas Bali bisa jadi ide olahan kangkung lezat.

Selain di Lombok, plecing kangkung juga mudah ditemui di Bali. Karenanya Chef Muto membagi resep plecing kangkung dalam cooking class bersama Sarihusada di Nusa Lembongan (31/10). Berikut bahan dan cara pembuatannya.

1. Bahan



“Plecing kangkung buatan saya kali ini sangat mudah dan sederhana. Bisa dibuat kurang dari 15 menit,” ujar Chef Muto sebelum memulai cooking class. Bahan yang dibutuhkan adalah kangkung segar, cabai rawit merah, garam, dan terasi udang.

2. Cara membuat



Kangkung disuwir-suwir menjadi batangan kecil kemudian direbus dalam air mendidih selama sekitar 2 menit. “Jangan sampai terlalu matang, segera angkat dan masukkan ke dalam wadah berisi air dingin,” jelas Chef Muto. Ia menjelaskan, cara ini dapat mempertahankan warna kangkung yang hijau segar dengan tekstur sedikit renyah.

Untuk sambalnya, ulek kasar cabai rawit merah, garam, dan terasi udang. Jumlah cabai bisa disesuaikan dengan selera kepedasan.

3. Mencampurkan kangkung



Dalam mangkuk, campurkan kangkung rebus dengan sambal. “Tinggal dicampur-campur seperti ini, sangat praktis dan mudah,” jelas Chef Muto.

4. Sajikan



Sajikan plecing kangkung dengan nasi hangat atau lauk khas Bali lainnya seperti ayam betutu, sate lilit, atau bebek goreng crispy. Boleh ditambah kacang goreng jika suka.

(adr/odi)