Sajian Warung Kaki 5

Sebelum Mampir Makan di Warung Tenda, Perhatikan Dulu 5 Hal Ini

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Jumat, 09 Mar 2018 15:40 WIB
Foto: Dok. detikFood
Jakarta - Mampir ke warung tenda bisa makan enak dengan harga murah meriah. Nah, agar bersantap lebih nyaman perhatikan dulu 5 hal ini. Bisa jadi panduan kamu sebelum berburu kuliner.

Warung tenda identik dengan sajian enak berharga terjangkau. Tapi sering kali dari segi tempat dan fasilitas, warung tenda dinilai kurang nyaman. Untuk menyiasatinya, kamu bisa menyiapkan beberapa hal ini.

Baca Juga: Es Campur dan Es Teler Sinar Garut Racikan Haji Ucu yang Legendaris

1. Bawa uang tunai
Tidak seperti di restoran, warung tenda minim fasilitas termasuk untuk alat pembayaran. Pastikan kamu menyiapkan uang tunai sebelum mampir makan di warung tenda. Bawa uang dalam nominal beragam agar memudahkan saat si penjual tak ada kembalian. Oh iya, tak ada salahnya juga kamu menyiapkan uang receh mengingat warung tenda sering kali dihampiri para pengamen.

Sebelum Mampir Makan di Warung Tenda, Perhatikan Dulu 5 Hal IniFoto: detikFood

2. Pilih tempat
Ada baiknya kamu memilih warung tenda yang sudah terkenal punya sajian enak. Ini agar pengalaman bersantap jadi lebih memuaskan. Rekomendasi dari teman bisa diandalkan terlebih jika mereka adalah petualang kuliner. Biasanya warung tenda yang terkenal juga sudah diulas di media sosial atau internet. Informasi soal menu, harga dan jam buka warung tenda tentu bisa kamu perhatikan.

3. Cari menu andalan
Tak jarang, di sebuah warung tenda ada banyak menu yang ditawarkan. Coba tanya menu favorit atau andalan tempat itu agar kamu mencicip yang paling enak. Biasanya penjual akan dengan senang hati merekomendasikan menu andalan mereka.

Sebelum Mampir Makan di Warung Tenda, Perhatikan Dulu 5 Hal IniFoto: Ibnu Hariyanto/detikcom

4. Perhatikan kebersihan
Kebersihan jadi faktor penting dari penjaja makanan. Sayangnya tak semua warung tenda memperhatikan betul hal ini. Ada baiknya kamu mengantisipasi tempat yang kurang bersih dengan membawa tisu kering dan tisu basah sendiri. Hand sanitizer juga diperlukan untuk berjaga-jaga jika tidak ada air bersih untuk mencuci tangan.

5. Tanya harga sebelum membeli
Tidak ada salahnya menanyakan harga sajian warung tenda sebelum bersantap. Ini untuk memastikan kamu tidak tertipu dengan penjual nakal yang mungkin menaikkan harga menu saat kamu membayarnya. Kamu patut curiga jika penjual warung tenda tidak menyediakan buku menu beserta informasi harganya.

Baca Juga: Huahh! Pedas Gurih Racikan Nasi Bebek Madura yang Bikin Ketagihan

(adr/adr)