Sajian Warung Kaki 5

Huahh! Pedas Gurih Racikan Nasi Bebek Madura yang Bikin Ketagihan

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Kamis, 08 Mar 2018 13:42 WIB
Foto: Diary Sivika Foto: Diary Sivika
FOKUS BERITA Sajian Warung Kaki 5
Jakarta - Nasi bebek adalah sajian khas Madura yang digilai pencinta pedas. Ada nasi, potongan bebek empuk dan siraman kuah hitam yang bikin lidah bergetar.

Pencinta bebek pedas pasti tak melewatkan nasi bebek saat mampir ke Madura. Nah, karena banyak penggemarnya sajian ini sekarang juga mudah ditemui di Jakarta. Biasanya dijajakan di warung tenda pada malam hari.

Meski hanya warung tenda, banyak penjual nasi bebek Madura sudah punya penggemar masing-masing. Pembeli mencari racikan nasi dan bebek goreng yang khas. Berupa nasi hangat dengan paduan bebek berkuah hitam legam.

Huahh! Pedas Gurih Racikan Nasi Bebek Madura yang Bikin KetagihanPenjual Nasi Bebek Madura (Foto: my eat and travel story)

Warna hitam bukan berarti bebek gosong. Ini karena bebek dimasak dengan banyak bumbu dan minyak. Bebek lalu dimasak menggunakan api kecil dalam waktu lama hingga benar-benar empuk dan bumbunya meresap.

Baca Juga: Hangatkan Badan dengan Bebek Madura yang Pedas Berempah di 5 Tempat Ini

Mengenai bumbunya, bebek Madura dibuat dengan banyak rempah. Diantaranya bawang merah, bawang putih, cabai rawit merah, jahe, lada dan lainnya.

Pemilihan jenis bebek juga berpengaruh pada cita rasa bebek Madura nantinya. Penjual nasi bebek biasanya hanya memilih bebek segar alias bebek yang baru disembelih, bukan yang dibekukan. Bebek pejantan lebih sering dipakai karena lemaknya lebih sedikit dan tidak terlalu bau amis.

Huahh! Pedas Gurih Racikan Nasi Bebek Madura yang Bikin KetagihanProses Meracik Nasi Bebek Madura (Foto: DzulfikarAlala)

Meski bebek bisa dimasak dengan panci presto agar lebih cepat empuk, biasanya penjual bebek Madura di warung tenda masih menggunakan teknik tradisional. Mereka mengungkep bebek menggunakan panci biasa.

Nah, menyebut nasi bebek Madura enak, ada dua tempat yang paling sering disebut. Yang pertama adalah Nasi Bebek Mak Isa di kawasan Klender.

Warung ini menawarkan bebek empuk dengan bumbu kental berwarna hitam pekat yang jadi ciri khasnya. Genangan minyak juga terlihat saat bebek disajikan di atas piring.

Karena potongan dagingnya bebek empuk dan rasa pedasnya menonjok, Nasi Bebek Mak Isa selalu ramai diantre pembeli. Bahkan ada yang membeli langsung puluhan bungkus sekaligus.

Huahh! Pedas Gurih Racikan Nasi Bebek Madura yang Bikin KetagihanNasi Bebek Madura Racikan Pak Munawi (Foto: dok. detikFood)

Ada juga Pak Munawi di Ampera yang menjajakan nasi bebek Madura. Seporsi nasi bebek di sini dilengkapi sambal, serundeng dan lalapan mentimun.

Daging bebeknya empuk dengan cita rasa gurih ketumbar dan bawang putih. Makin enak dicocol sambal super pedas. Semburat gurih, asin dan manis pada sambal menyatu sempurna di lidah. Huah, enaknya!

Baca Juga: Huah..huah, Sedep Poll! Nasi Bebek Khas Madura

(adr/odi)
FOKUS BERITA Sajian Warung Kaki 5
Menu Ke-30 : Sayur Gurih Rebung dan Sayur Gurih Pepaya Siap Jadi Pelengkap Makan Ketupat

Menu Ke-30 : Sayur Gurih Rebung dan Sayur Gurih Pepaya Siap Jadi Pelengkap Makan Ketupat