Setelah Krisis Ayam, Penggemar KFC Inggris Kini Kesal karena Kelangkaan Saus Gravy

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Kamis, 01 Mar 2018 11:16 WIB
Foto: Istimewa
Inggris - Belum pulih benar soal krisis ayam, KFC Inggris kembali hadapi masalah. Di beberapa gerainya tidak ada saus gravy yang jadi incaran penggemar KFC.

Minggu lalu, KFC hadapi masalah besar terkait distribusi ayam yang tak merata di seluruh Inggris. Hal ini dipicu perpindahan perusahaan jasa layan antar yang ditunjuk KFC, dari Bidvest Logistics menjadi DHL.

Akibatnya lebih dari setengah jumlah gerai KFC di Inggris sempat tak beroperasi. Dikutip dari The Sun (28/2), tapi kini 97% restoran KFC sudah beroperasi lagi. Beberapa diantaranya menyajikan menu terbatas dan menu populer lain yang jadi favorit.

Setelah Krisis Ayam, Penggemar KFC Inggris Kini Kesal karena Kelangkaan Saus GravyFoto: Istimewa

Baca Juga: Ayam KFC Langka di Inggris, Polisi Minta Agar Warga Tak Melaporkan Aduan

Meski sudah berhasil membuka kembali sekitar 900 gerai KFC, perusahaan mengaku masih menghadapi beberapa masalah bahan makanan yang langka. Dilihat di Twitter, netizen Inggris banyak yang protes karena tidak adanya saus gravy.

Salah satunya berbunyi, "Menyuruh pacar saya ke KFC dan dia kembali tanpa gravy karena sudah habis... Apa-apaan ini??" Sementara seorang netizen lain mengaku sangat kecewa tidak mendapat gravy. Dia akhirnya pergi ke McDonald's untuk mencari saus favoritnya.

Menanggapi hal ini, perwakilan KFC mengatakan, "97% restoran kami sekarang sudah buka, meskipun terkait masalah distribusi yang masih dihadapi DHL, beberapa restoran melanjutkan penjualan tanpa beberapa menu termasuk gravy."

Ia melanjutkan, "Kami berusaha semaksimal mungkin untuk mengatasi kelangkaan ini, kami tahu gravy adalah menu paling favorit."

Setelah Krisis Ayam, Penggemar KFC Inggris Kini Kesal karena Kelangkaan Saus GravyFoto: Istimewa

Sebelumnya KFC sudah melayangkan permohonan maaf besar-besaran. Mereka mengiklankan surat terbuka di surat kabar ternama di Inggris. Tulisan KFC pada bucket ayam diubah menjadi FCK yang membuat banyak orang justru mengomentari positif.

"Sebuah restoran ayam tapi tidak memiliki ayam. Itu sangat tidak ideal. Kami mohon maaf sebesar-besarnya pada pelanggan setia kami. Terlebih bagi mereka yang sengaja pergi ke gerai kami tapi justru kami sedang tutup. Terima kasih banyak pada seluruh tim KFC dan partner franchise yang sudah saling bekerjasama membuat situasi lebih baik. Minggu ini mungkin akan sangat berat, tapi kami terus melakukan progres dan setiap harinya ayam-ayam segar akan terus didistribusikan ke seluruh restoran. Terima kasih banyak, " tulis pihak KFC Inggris.

Baca Juga: KFC Inggris Rilis Surat Permohonan Maaf Soal Krisis Kehabisan Ayam
(adr/odi)