Teh Klasik hingga Kekinian

Ini Sebabnya White Tea Populer dan Harganya Mahal

Devi Setya - detikFood Rabu, 28 Feb 2018 19:30 WIB
Foto: Istock
Jakarta - White tea kini jadi teh favorit banyak orang. Ini karena teh ini dipercaya mengandung lebih banyak antioksidan.

White tea atau teh putih berbeda dengan jenis teh lain yang dipanen saat pucuknya sudah menjadi daun. Khusus untuk teh putih, hanya bagian pucuk termuda daun teh yang masih menggulung dan belum berbentuk daun.

Bagian pucuk termuda ini masih berwarna putih dan diselumuti bulu halus. Ketika dikeringkan, pucuk termuda ini juga tak berubah menjadi kecokelatan tapi justru berwarna putih keperakan.

Karena warnanya yang putih inilah orang menyebutnya sebagai white tea, beberapa orang juga menyebutnya silver needle.
Ini Sebabnya White Tea Populer dan Harganya MahalFoto: Istock
Baca juga : White Tea yang Sedang Populer Berkhasiat Turunkan Kolesterol hingga Sehatkan Jantung (2)

White tea sebenarnya bukan penemuan baru, teh ini sudah diproduksi dan dikonsumsi sejak zaman Dinasti Tang (618-907 Masehi). Saat itu teh jenis ini dianggap sebagai resep rahasia kerajaan dalam hal menjaga kesehatan.

Karena dianggap barang mahal hanya kalangan kerajaan saja yang bisa mengonsumsi white tea.

Sementara di Indonesia sendiri, white tea sudah hadir pada tahun 1878. Budidayanya gencar dilakukan di Gemboeng, Jawa Barat. White tea Indonesia bahkan sudah mendapatkan pengakuan dari The International Society of Antioxidant and Nutrition and Health, Paris.

Dari segi khasiatnya, white tea memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi. Kadar antioksidannya ada di kisaran 11,1-25,6 persen lebih tinggi dibandingkan jenis teh lainnya.
Ini Sebabnya White Tea Populer dan Harganya MahalFoto: Istock
Baca juga : Pencinta Teh? Ini 8 Jenis Teh yang Populer Diminum di Dunia

Segudang manfaat juga bisa diperoleh dengan mengonsumsi white tea secara rutin. Khasiatnya akan terasa sebagai penurun kadar lemak, kolesterol, kadar gula darah dan juga menjaga fungsi jantung.

Bagi kaum hawa, white tea juga bisa diandalkan sebagai bahan herbal untuk menjaga kecantikan. Mengonsumsi white tea secara rutin bisa terhindar dari penuaan dini, menjaga kelembaban kulit dan mengurangi kerutan.

Karena berasal dari pucuk termuda tanaman teh maka persediannya sangatlah terbatas. Selain itu, prosesnya yang khusus juga menjadikan teh ini makin spesial. Inilah beberapa alasan mengapa harga white tea terbilang tinggi. (dvs/odi)