Krenyes Renyah Gorengan

Diisi Oncom dan Gula Merah, Combro dan Misro Sama Enaknya

Lusiana Mustinda - detikFood Jumat, 23 Feb 2018 17:00 WIB
Foto: Dok. detikFood Foto: Dok. detikFood
Jakarta - Gorengan yang satu ini pasti Anda sukai. Dibuat dari adonan singkong, isiannya dibuat dengan campuran oncom pedas dan irisan gula merah. Mantap!

Camilan tradisional asal Jawa Barat ini memang menjadi buruan pecinta gorengan. Dinamakan 'combro' bukan tanpa alasan, nama ini berasal dari kata comro yang berasal dari kata oncom di jero alias oncom di dalam.

Baca juga: Pedas Mantap! Combro Jeletot Bisa Anda Nikmati dengan 4 Langkah Ini

Diisi Oncom dan Gula Merah, Combro dan Misro Sama EnaknyaFoto: Istimewa

Masuk dalam kategori camilan yang mudah dibuat. Combro diolah dari singkong yang diparut kemudian diberi isian. Combro terbuat dari parutan singkong, kelapa dan isian berupa oncom yang dilumatkan bersama dengan aneka bumbu seperti bawang merah, putih, daun bawang dan beberapa juga ada yang menambahkannya dengan cabai.

Sebelum digoreng dalam minyak panas, adonan singkong terlebih dulu dipipihkan dan diberi isian oncom. Setelah dibentuk bulat panjang barulah kemudian adonan oncom digoreng di dalam minyak dengan api sedang. Karena jika dengan api kecil, kadang kala oncom menjadi keras sedangkan jika menggunakan api terlalu besar terkadang isinya tidak matang hingga ke dalam.

Diisi Oncom dan Gula Merah, Combro dan Misro Sama EnaknyaFoto: Dok. detikFood

Bagi Anda yang tak terlalu suka pedas, bisa mencicip misro. Adonannya sama dengan combro, namun untuk isinya potongan gula merah yang nantinya ketika dipanaskan akan melted.

Combro dan misro biasanya dijual di Pasar atau jajanan gerobak. Harganya juga bervariasi, untuk combro mini dibandrol dengan harga Rp 5.000 dan combro atau misro ukuran sedang dibandrol dengan harga Rp 3.500-an. (lus/odi)
Menu Ke-30 : Sayur Gurih Rebung dan Sayur Gurih Pepaya Siap Jadi Pelengkap Makan Ketupat

Menu Ke-30 : Sayur Gurih Rebung dan Sayur Gurih Pepaya Siap Jadi Pelengkap Makan Ketupat