Krenyes Renyah Gorengan

Ini Rahasia Bikin Gorengan yang Krenyes Renyah

Devi Setya - detikFood Kamis, 22 Feb 2018 16:00 WIB
Foto: Istock Foto: Istock
Jakarta - Hasil gorengan berminyak dan lembek? Mungkin ada beberapa hal sepele yang salah saat membuatnya. Coba perhatikan tips ini.

Membuat gorengan memang terbilang susah-susah gampang. Bahan dan bumbu yang digunakan memang tidak sulit tapi jika salah teknik maka rasanya kurang renyah dan garing.

Agar gorengan enak dan kriuk renyah, simak 5 tips berikut.

1. Perhatikan ukuran bahan
Ini Rahasia Bikin Gorengan yang Krenyes RenyahFoto: iStock
Ukuran bahan yang akan digoreng memberikan pengaruh yang besar pada tekstur dan tingkat kematangan gorengan. Karena itu selalu potong bahan dengan ukuran yang sama. Agar gorengan matang secara bersamaan. Jika ukurannya tidak sama, maka matangnya tak merata dan bisa jadi menghisap banyak minyak.

Baca juga : Gorengan Garing dan Renyah, Ini 5 Tips yang Wajib Dicoba!

2. Perhatikan komposisi bahan
Ini Rahasia Bikin Gorengan yang Krenyes RenyahFoto: iStock
Jika ingin membuat tekstur gorengan makin renyah, tambahkan sedikit soda kue pada adonan tepung. Saat mencampur soda kue pada adonan, pastikan menggunakan air dingin. Juga jangan terlalu lama mengaduk adonan karena akan membuat adonan jadi liat.

Sementara untuk rasa adonan, tambahkan bumbu sesuai gorengan yang akan dibuat. Jika membuat gorengan gurih, bisa tambahkan bumbu halus putih, merica dan garam. Namun saat membuat gorengan manis seperti pisang goreng atau cempedak goreng, bisa gunakan sedikit gula pasir.

3. Perhatikan suhu minyak
Ini Rahasia Bikin Gorengan yang Krenyes RenyahFoto: Istock
Suhu ideal untuk menggoreng adalah sekitar 170 derajat celsius. Jika terlalu panas maka gorengan akan cepat gosong di luar namun masih belum matang dalamnya. Jika minyak belum panas maka gorengan akan menyerap banyak minyak dan lama untuk matang. Kendalikan suhu minyak dengan mengatur besarnya api.

4. Cara menggoreng
Ini Rahasia Bikin Gorengan yang Krenyes RenyahFoto: Istock
Saat menggoreng, masukkan bahan sedikit demi sedikit. Hal ini perlu dilakukan agar gorengan matang merata dan hasilnya bagus. Jika memasukkan terlalu banyak bahan sekaligus maka suhu minyak akan langsung menurun dan membuat gorengan lama matang.

Belum lagi gorengan akan menempel satu sama lain dan sulit dipisahkan. Sesuaikan juga banyaknya minyak dengan ukuran wajan.

Baca juga : Gorengan Lembek? Ini Cara Memanaskan Kembali Agar Renyah Enak

5. Tiriskan gorengan
Ini Rahasia Bikin Gorengan yang Krenyes RenyahFoto: Istock
Jangan langsung menyajikan gorengan saat baru diangkat. Tiriskan terlebih dulu sampai minyaknya berkurang. Manfaatkan saringan peniris minyak, cooling rack atau tisu dapur. Diamkan beberapa saat sampai minyak tidak lagi menetes.

Jika gorengan yang baru matang langsung disajikan panas, maka saat dingin, minyak akan menyerap dalam gorengan sehingga teksturnya menjadi lembek dan berminyak. Ini yang menjadi penyebab tekstur gorengan tidak bertahan lama.


(dvs/odi)