Istimewa untuk Imlek

​Beragam Jeruk Wajib Dihadirkan Dalam Perayaan Tahun Baru, Ini Alasannya​

Lusiana Mustinda - detikFood Senin, 12 Feb 2018 18:35 WIB
Foto: Lusiana Mustinda/detikFood Foto: Lusiana Mustinda/detikFood
FOKUS BERITA Istimewa untuk Imlek
Jakarta - Buah jeruk jadi bagian penting dalam perayaan Tahun Baru Imlek. Ternyata ada makna yang terkandung dalam buah ini dan memiliki arti penting dalam perayaan.

Tahun Baru Imlek identik dengan makan bersama dan penyajian makanan, termasuk buah-buahan. Ada banyak jenis jeruk yang wajib disajikan dalam perayaan Imlek. Seperti jeruk pokam, lonkam, shantang, mikan dan juga pomelo.

Baca juga: Jeruk Mandarin, Jeruk Ponkam dan Jeruk Bali Wajib Disajikan Saat Imlek

Beragam Jeruk Wajib Dihadirkan Dalam Perayaan Tahun Baru, Ini AlasannyaFoto: iStock

Saat Imlek, biasanya terdapat wadah berisi jeruk berukuran kecil yang dijadikan sebagai dekorasi selama Tahun Baru Imlek. Hiasan ini melambangkan keberuntungan. Dikutip dalam China Highlights, jeruk memiliki warna oranye yang dikaitkan dengan matahari dan hal positif. Juga merupakan simbol warna emas sehingga menjadi simbol kelimpahan dan kebahagiaan.

Secara tradisional, jeruk-jeruk ini ditempatkan bersama dengan amplop merah dan ditaruh di dekat bantalanak-anak guna untuk memberinya keberuntungan. Jeruk juga ditaruh dalam tempat penyimpanan beras yang dipercaya dapat membawa berkah baik bagi keluarga.

Beragam Jeruk Wajib Dihadirkan Dalam Perayaan Tahun Baru, Ini AlasannyaFoto: Lusiana Mustinda/detikFood

Pomelo atau jeruk Bali juga punya makna tersendiri saat Imlek. Jeruk ini dianggap membawa keberuntungan dalam keluarga. Jeruk Bali juga sering dijadikan sebagai dekorasi rumah dengan cara menempatkan sepasang buah pomelo. Lebih baik ada sepasang karena disebut "semua hal baik datang berpasangan." Pomelo juga menyimbolkan kesatuan keluarga.

Baca juga: Tteokguk hingga Dumpling Jadi Sajian Wajib Saat Imlek di Korea Selatan dan China (lus/odi)
FOKUS BERITA Istimewa untuk Imlek