Jajanan Pinggir Jalan, Kue Cucur Murni yang Legit Renyah

Dewi Anggraini - detikFood Jumat, 09 Feb 2018 16:30 WIB
Foto: Cici cookies Foto: Cici cookies
Jakarta - Kue berwarna kecokelatan dengan tekstur berserat ini punya aroma gula merah yang harum. Apalagi kalau baru matang. Di makan hangat-hangat rasanya nikmat!

Penggemar kue tradisional pastinya sudah tak asing lagi dengan kue cucur. Bentuknya seperti kue serabi tapi berwarna cokelat. Bagian tengah dan pinggirnya punya terkstur yang berbeda. Bagian tengah lebih padat dan berserat. Sedangkan bagian pinggirnya lebih tipis dan keriting garing.

Jajanan Pinggir Jalan, Kue Cucur Murni yang Legit Renyah Foto: dok. detikFood
Camilan tradisional ini terbuat dari campuran tepung terigu, tepung beras, dan gula merah yang dibuat agak cair. Kini, sulit menemukan penjual kue cucur di pinggir jalan. Umumnya dijual dalam bentuk kemasan, siap santap dan biasanya sudah dingin.

Baca Juga: Resep Kue Cucur Pisang

Tapi kalau ke daerah Penggilingan, Jakarta Timur, Anda bisa menemukan kedai pinggir jalan yang menjual kue cucur. Tenang saja, kue cucurnya langsung digoreng di sana.

Tepat di samping SDN 05 Penggilingan, lokasi kedai milik Ibu Abdullah. Ia sudah berjualan di sana selama 15 tahun. Jadi cita rasa kue cucurnya sudah tidak diragukan lagi. Berdasarkan keterangan Ibu Abdullah, resep kue cucur yang ia jual hasil kreasi suaminya.

"Resepnya dari suami saya. Suami saya asal Madura," ujar Ibu Abdullah.

Jajanan Pinggir Jalan, Kue Cucur Murni yang Legit Renyah Foto: dok. detikFood
Dulu, Ibu Abdullah dan suaminya berjualan bersama. Tapi setelah sang suami tutup usia, ia kini berjualan sendiri di sana. Harga kue cucur di kedai Kue Cucur Murni ini terbilang murah meriah.

Anda bisa dapat 8 buah kue cucur hanya dengan memberikan uang sebesar Rp 5.000 pada Ibu Abdullah. Walau dimasak dengan alat yang biasa, banyak pelanggan yang membeli kue cucur di sini. Per harinya, kedai ini bisa menghabiskan sebanyak 10 kilogram tepung.

"Perharinya bisa habis 10 kilo tepung. Bisa dapat kira-kira lima ratus ribu sehari," ujar Ibu Abdullah.

Kalau sudah berlangganan, Ibu Abdullah tidak ragu untuk memberikan kue cucur lebih pada Anda. Kalau Anda ingin makan kue cucur dan berdomisili di daerah Jakarta Timur, bisa mampir membelinya di kedai Cucur Murni ini. Kedai ini buka dari siang hingga malam hari.

Baca Juga: Manis Mentul Si Kue Cucur

(dwa/odi)