Mendung Begini Enaknya Bikin Soto Ayam yang Gurih Hangat, Ini Tipsnya!

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Sabtu, 03 Feb 2018 09:40 WIB
Foto: detikfood
Jakarta - Soto ayam yang hangat gurih dengan isian komplet bisa jadi penghangat badan. Agar soto ayam gurih dan enak, ikuti tips membuatnya berikut ini.

Rahasia kelezatan soto ayam terletak pada kaldunya. Gurih tetapi tidak berminyak. Selain ayam yang gemuk segar, beberapa hal ini perlu And aperhatikan saat membuat soto ayam yang sedap.

1. Kaldu
Kaldu merupakan kunci kelezatan soto. Untuk mendapatkan kaldu yang enak umumnya penjual soto memakai ayam betina yang sudah tua atau tidak bertelur. Lemaknya tebal dan dagingnya kokoh.

Anda bisa memakai ayam betina yang sudah tua atau pakai ayam kampung yang gemuk. Potong ayam menjadi 4 bagian atau lebih tergantung besarnya ayam. Gunakan api kecil agar kaldu bening dan ayam lunak.

Baca Juga : Tips Kaldu Ayam yang Bening dan Gurih

Mendung Begini Enaknya Bikin Soto Ayam yang Gurih Hangat, Ini Tipsnya!Foto: iStock

2. Bumbu
Untuk membuat soto ayam yang gurih bisa dipakai bumbu putih gaya Jawa Tengah atau bumbu kuning gaya Jawa Timur. Giling atau ulek bumbu hingga halus benar.

Kemudian tumis bumbu halus ini dengan sedikit minyak hingga wangi dan matang. Jangan lupa tambahkan daun salam, serai dan daun jeruk. Aduk hingga harum. Gunakan api sedang dan jaga jangan sampai bumbu gosong. Masukkan bumbu halus bersama daun rempah ke dalam kaldu dan rebus dengan api kecil.

Mendung Begini Enaknya Bikin Soto Ayam yang Gurih Hangat, Ini Tipsnya!Foto: Istimewa

3. Suwiran ayam
Untuk membuat suwiran ayam ada dua pilihan. Tiriskan potongan ayam lalu suwir kecil dagingnya. Atau goreng ayam hingga agak kering baru suwir kecil dagingnya.

4. Pisahkan pelengkap ayam
Sebaiknya jangan memasukkan pelengkap ke dalam kaldu. Karena dapat membuat kaldu menjadi keruh dan tauge dan suun jadi lonyot. Cukup seduh tauge dan suun sebentar hingga lunak lalu tiriskan. Racik bersama ayam sesaat akan disajikan. Jangan lupa lengkapi dengan telur rebus, bawang merah goreng dan sambal rawit serta jeruk nipis.

Mendung Begini Enaknya Bikin Soto Ayam yang Gurih Hangat, Ini Tipsnya!Foto: detikfood

5. Jenis soto
Beragam jenis soto ayam bisa Anda buat. Cukup praktis karena bahan utamanya kaldu. Ada Soto Kudus, Soto Ayam Kuning atau Soto Lento. Agar lebih nikmat selalu racik soto saat akan disajikan. Pastikan kaldunya dalam keadaan panas. Bisa disajikan dengan lontong atau nasi. (odi/odi)