Croissant Kembali Populer

Ini Ciri-ciri Croissant yang Bagus Menurut Dominique Ansel

Lusiana Mustinda - detikFood Kamis, 01 Feb 2018 15:00 WIB
Foto: Instagram Dominique Ansel Foto: Instagram Dominique Ansel
Jakarta - Dikenal sebagai pencetus croissant hybrid, Dominique Ansel punya trik sendiri untuk menjaga kualitas. Ini dia ciri croissant yang bagus menurut Ansel.

Pria yang disebut-sebut sebagai pencipta Cronut (croissant dan cronut) Dominique Ansel selalu menjaga kualitas pastry buatannya tetap baik. Ciri-ciri croissant yang baik terletak pada teksturnya. Croissant memiliki lapisan-lapisan tipis dan berongga yang dihasilkan dari proses melipat adonan.

Baca juga: Restoran Pertama Dominique Ansel Mengusung Konsep Brunch

Ini Ciri-ciri Croissant yang Bagus Menurut Dominique AnselFoto: Instagram Dominique Ansel

Dalam akun Instagramnya, Dominique Ansel juga membeberkan bagaimana tanda-tanda kualitas croissant yang baik. Kemarin (31/1) di Croissant Day ia kembali mengunggah irisan croissant buatannya. 'Look at that honeycomb crumb'. Rongga pada adonan yang rata dan bagus terbentuk seperti sarang lebah. Itulah croissant yang bagus.

Hal pertama yang selalu di cek pertama kali setiap ke DAB Jepang atau cabang lainnya adalah mengecek penampang croissant. Tentu bukan hal mudah. Karena adonan croissant memakai ragi yang harus mengalami proses fermentasi yang tepat. Kemudian proses 'laminating' atau melapisi adonan dengan mentega juga harus tepat lipatannya.

Ini Ciri-ciri Croissant yang Bagus Menurut Dominique AnselFoto: Instagram Dominique Ansel

Karenanya tim dari Dominique Ansel mengirim beberapa tes viennoiserie atau adonan puff pastry yang bagus setiap hari. Bekerja dengan adonan adalah salah satu cara latihan yang baik. Mulai dari memeriksa levain atau ragi sampai setiap langkah dari laminasi juga diperiksa. Dan untuk mendapatkan konsistensi yang sama harus disiplin dalam mengikuti setiap langkah pembuatannya dengan hati-hati.

Ini Ciri-ciri Croissant yang Bagus Menurut Dominique AnselFoto: Instagram Dominique Ansel

Tak hanya diisi cokelat, Dominique Ansel juga membuat Garlic Bread Croissant yang dalam lapisannya diberi garlic butter. Teksturnya garing dengan paduan rempah yang enak seperti cengkeh dan rosemary.

Tektur renyah dan pola 'honeycomb' juga tetap dipertahankan. Saat croissantnya diberi isian kismis, ham, atau ham and cheese. Semuanya diperlihatkan dalam bentuk irisan penampang croissant. Selain seni dan kesabaran, bekerja dengan adonan croissant perlu kecermatan dan disiplin.

Baca juga: Dominique Ansel, Pencetus Hybrid Pastry Cronut yang Mendunia (lus/odi)