Croissant Kembali Populer

Dominique Ansel, Pencetus Hybrid Pastry Cronut yang Mendunia

Lusiana Mustinda - detikFood Selasa, 30 Jan 2018 13:35 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Lima tahun yang lalu jadi munculnya hybrid pastry yang unik. Salah satu pencetusnya ada Dominique Ansel yang membuat croissant donat atau cronut.

Pada tahun 2013, kue hibrida yang fenomenal mulai muncul. Croissant dan donat terdiri dari beberapa lapisan adonan croissant tipus dalam bentuk donat. Pertama kali diluncurkan, cronut bisa habis terjual hanya dalam waktu 35 menit. Cronut pun menjadi bahan perbincangan dan banyak diikuti berbagai toko bakery di seluruh dunia.

Baca juga: Dominique Ansel: Bukan Hybrid Pastry, Tapi Kreasi Pastry Unik Terbaik

Dominique Ansel, Pencetus <i>Hybrid Pastry</i> Cronut yang MenduniaFoto: iStock

Terkenal sebagai pencetus hybrid pastry, Dominique Ansel tak ingin disebut sebagai pembuat hybrid pasty. Dalam wawancara beberapa waktu lalu, Ansel mengatakan," Saya tidak pernah membuat hybrid pastry. Tapi membuat kreasi pastry unik terbaik."

Setelahnya Dominique melakukan berbagai kreasi kue hibrida lainnya seperti Magic Souffle dan Chocolate Chip Cookie Milk Shots. Banyak orang mengikuti tren hybrid pastry dengan membuat beragam produk kue unik. Mulai dari Doughscuit, The Wonut, Donnoli hingga Bruffin yang hadir baru-baru ini.

Bahkan, di tahun 1957 sempat ada kreasi kue hybrid bernama cupcake cone (cupcone) dalam produk iklan Betty Crocker. Makanan ini dibuat dengan memadukan mini cake dan cone untuk es krim. Mini cake dipanggang dalam cone beralas datar dan diberi frosting agar tampak mirip es krim.

Dominique Ansel, Pencetus <i>Hybrid Pastry</i> Cronut yang MenduniaFoto: iStock

Mulai masuk abad 21, semakin banyak kreasi kue hibrida yang dibuat. Tahun 2004 Lady M Cake Boutique di New York membuat Mille Crepes (crepe cake) dari tumpukan crepe. Sekitar 20 crepe disusun dengan lapisan pastry cream dan bagian paling atasnya terdapat topping brulee.

Namun, cronut sepertinya sudah mulai memudar berkat kepopuleran kue lain yang dibuat oleh Dominique Ansel. Mulai dari Watermelon Cake, Blossom Cookie hingga Dosa Mille Feuille.

Baca juga: Ini 8 Pastry Unik yang Hanya Bisa Ditemui di Dominique Ansel Bakery Ginza (1)
(adr/odi)