Croissant Kembali Populer

Ini 5 Tempat Makan Croissant Enak di Paris, Nomor 1 Juga Ada di Indonesia!

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Selasa, 30 Jan 2018 16:00 WIB
Foto: Istimewa
Jakarta - Populer di Paris, ada banyak tempat menikmati croissant di sana. Tapi kalau mau yang enak, 5 tempat berikut bisa jadi pilihan.

Wangi gurih croissant mudah tercium saat jalan-jalan di Paris. Tak heran, karena pastry renyah ini jadi pendamping populer secangkir kopi hangat.

Nah, dari sekian banyak kafe atau bakery yang menjual croissant, 5 tempat menurut Parisianist (30/1) ini punya croissant terenak. Di mana saja ya?

Baca Juga: Pastry Bulan Sabit dari Masa Renaissance yang Kembali Jadi Tren

1. Eric Kayser

Ini 5 Tempat Makan Croissant Enak di Paris, Nomor 1 Juga Ada di Indonesia!Foto: erickayserid

Eric Kayser Artisan Boulanger adalah bakery milik Eric Kayser, salah satu pembuat roti terbaik di Prancis. Di Paris sendiri, Eric Kayser memiliki sekitar 20 gerai. Tapi kalau mau merasakan nilai historisnya, datanglah ke gerai Eric Kayser pertama di 8 rue Monge.

Croissant buatan Eric Kayser terkenal ringan dan renyah. Ciri khasnya dibuat dari cairan ragi alami yang terdiri dari tepung, ragi dan air yang difermentasi. Proses pemanggangan juga dilakukan berjam-jam hingga menghasilkan tekstur sempurna. Di Indonesia, Eric Kayser Artisan Boulanger bisa ditemui di Plaza Senayan, French Embassy Complex, Lippo Mall Puri dan Gandaria City.

2. Gontran Cherrier

Ini 5 Tempat Makan Croissant Enak di Paris, Nomor 1 Juga Ada di Indonesia!Foto: Parisianist

Berlokasi di 22 rue Caulaincourt, ada Gontran Cherrier yang bisa disambangi. Sejak muda, pemilik Gontan Cherrier sudah menjadi baker karena ia tumbuh di keluarga baker dan pembuat pastry. Ia mewarisi pengetahuan membuat roti dari nenek moyangnya dengan resep yang terjamin enak. Croissant milik Gontran Cherrier terkenal punya rasa kaya dengan gurih khas mentega.

3. 143 RDT

Ini 5 Tempat Makan Croissant Enak di Paris, Nomor 1 Juga Ada di Indonesia!Foto: Parisianist

Banyak pastry buatan 143 RDT jadi pemenang berbagai kompetisi. Salah satunya croissant buatan mereka yang memenangkan 2 penghargaan di komperisi butter croissant atau croissant mentega terbaik. Tekstur croissant di sini renyah dan ringan. Soal rasa, tak perlu diragukan lagi gurih alaminya. Agar tak kehabisan, datanglah di jam-jam awal buka bakery yaitu jam 3 sore waktu setempat. Bakery ini ada di 134 rue de Turenne.

4. Lemarie

Ini 5 Tempat Makan Croissant Enak di Paris, Nomor 1 Juga Ada di Indonesia!Foto: Parisianist

Bakery di 16 Rue Mouffetard ini memang kelihatan biasa saja. Tapi croissant di sini patut dicoba. Yang istimewa, bakery ini tak mengharuskan pengunjung antre. Mereka bisa memesannya online dan mengambil sesuai jadwal. Lemarie membuat croissantnya seharian sehingga pembeli bisa menikmati croissant hangat dari siang hingga sore hari.

5. Maison Gregoire

Ini 5 Tempat Makan Croissant Enak di Paris, Nomor 1 Juga Ada di Indonesia!Foto: Parisianist

Satu lagi tempat menikmati croissant enak di Paris, Maison Gregoire di 69 rue Monge. Wangi gurih semerbak croissant akan tercium bahkan sebelum Anda sampai ke gerai ini. Bakery ini terkenal dengan kualitasnya karena mereka menggunakan tepung yang masih dibuat secara tradisional menggunakan kincir angin. Kalau ke sini, bersiap-siap antre. Tapi tak perlu khawatir karena antrean biasanya cepat.

Baca Juga: Dominique Ansel, Pencetus Hybrid Pastry Cronut yang Mendunia (lus/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com