Saat ​Berada ​di ​Dalam ​Pesawat, 10 Makanan Ini Tak Boleh Disantap (2)

Devi Setya - detikFood Jumat, 19 Jan 2018 12:50 WIB
Foto: Australia Plus ABC
Jakarta - Selain kopi panas, ternyata jeruk dan keripik juga sebaiknya tidak dimakan di dalam pesawat. Kenapa ya?

Beberapa orang memilih untuk tidak memesan makanan di pesawat, mereka kadang membawa makanan sendiri sebagai bekal. Padahal beberapa maskapai penerbangan memiliki aturan ketat soal makanan yang sebaiknya tak dimakan saat dalam pesawat. Berikut daftarnya.

6. Keripik
Saat Berada di Dalam Pesawat, 10 Makanan Ini Tak Boleh Disantap (2)Foto: Istimewa
Jika berencana membekali diri dengan camilan keripik yang akan dimakan selama perjalanan menggunakan pesawat, coba pikirkan kembali. Hal ini bukan karena keripik membahahayakan penerbangan, melainkan akan mengganggu kenyamanan penumpang lain.

Aroma keripik kemasan akan mengundang selera siapapun yang menciumnya dan jelas ini mengganggu. Terlebih saat Anda tak ingin berbagi dengan penumpang terdekat Anda. Selain itu, suara renyah keripik yang dikunyah juga jelas mengganggu penumpang lain.

7. Kopi
Saat Berada di Dalam Pesawat, 10 Makanan Ini Tak Boleh Disantap (2)Foto: Istimewa
Selain diseduh dengan air dari tangki kotor, segelas kopi di pesawat juga tidak memiliki rasa yang nikmat meskipun dibanderol dengan harga yang tinggi.

Seperti alkohol, kopi juga memiliki efek dehidrasi pada tubuh. Kopi juga memicu terjadinya iritasi pada kandung kemih. Tidak ada yang menginkan masalah pada kandung kemih saat di dalam pesawat.

Baca juga : Makanan di Pesawat Terasa Kurang Enak? Ini Alasannya

8. Apel dan jeruk
Saat Berada di Dalam Pesawat, 10 Makanan Ini Tak Boleh Disantap (2)Foto: iStock
Apel dan jeruk dianggap bisa menjadi solusi camilan sehat, tapi tidak di dalam pesawat. Serat dalam buah apel bisa membuat kembung sementara rasa asam pada jeruk membuat perut merasakan nyeri, terutama pada bagian hati.

9. Makanan berbau menyengat
Saat Berada di Dalam Pesawat, 10 Makanan Ini Tak Boleh Disantap (2)Foto: Foodbeast/GettyImages
Bersiaplah mendapat teguran jika Anda membawa dan menyantap sandwich tuna, telur rebus ataupun makanan dengan aroma bawang putih menyengat. Makanan dengan bau menyengat jelas akan mengundang perhatian seluruh penumpang dalam kabin pesawat.

10. Tidak makan apapun
Saat Berada di Dalam Pesawat, 10 Makanan Ini Tak Boleh Disantap (2)Foto: Ilustrasi/thinkstock
Hindari untuk tidak makan apapun saat di dalam pesawat, sistem pencernaan Anda harus tetap bekerja. Pada ketinggian tertentu sistem pencernaan Anda akan mati sesaat, biarkan tubuh tetap bekerja agar efeknya tidak membuat Anda jet lag.

Ahli gizi menyarankan untuk makan di dalam pesawat agar gula darah tidak anjlok. Karena gula darah yang rendah akan memperburuk efek jet lag.

Baca juga : Agar Bisa Nikmati Makanan di Dalam Pesawat, Lakukan 5 Tips Sederhana Ini

(dvs/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com