Mau Panjang Usia? Tiru Nenek 102 Tahun yang Rajin Makan Cokelat Ini

Devi Setya, Devi Setya - detikFood Kamis, 18 Jan 2018 14:00 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Masih sehat di usia 102 tahun, seorang nenek ternyata punya rahasia usia panjangnya. Ia punya kebiasaan rutin mengonsumsi cokelat.

Eunice Modlin, seorang nenek tahun ini menginjak usia 102 tahun pada Selasa lalu. Dikabarkan Today (17/1) semua anggota keluarga nenek ini merayakannya secara meriah dengan kue ulang tahun besar dan pesta yang semarak.

Nenek ini tinggal di Boonville, Indiana, bersama anak laki-lakinya. Meskipun ia tidak bersedia diwawancara, tapi sang cucu mengungkapkan beberapa rahasia panjang umur sang nenek.
Mau Panjang Usia? Tiru Nenek 102 Tahun yang Rajin Makan Cokelat IniFoto: Istimewa
Baca juga : Wanita Tertua di Dunia Rajin Makan Telur Sebagai Rahasia Umur Panjangnya

"Dia makan dua potong cokelat hitam (dark chocolate) setiap hari. Ia juga membatasi konsumsinya sehingga berat badannya tetap terjaga," kata Tammy Modlin Gentry kepada Today.

Dark chocolate memang memiliki banyak manfaat kesehatan antara lain mengandung antioksidan, mineral dan tinggi flavanol, menurut ahli gizi Keri Glassman. Sepotong cokelat dan secangkir teh hangat bisa menjadi asupan tambahan yang menjaga stamina tubuh usai melakukan aktifitas harian.
Mau Panjang Usia? Tiru Nenek 102 Tahun yang Rajin Makan Cokelat IniFoto: iStock

Chocolate bar lebih bagus dibandingkan cokelat dengan kacang-kacangan, nougat atau karamel yang memiliki lebih banyak kalori dan gula. Apalagi dark chocolate umumnya mengandung lebih dari 50% cacao mass dan tanpa tambahan gula.

Modlin juga percaya bahwa memakan sayuran dari kebun dan tidak pernah minum alkohol atau merokok juga menjadi rahasia kesehatan dan panjang umurnya.

Meskipun Modlin mengalami gangguan penglihatan dan keseimbangan tubuhnya namun ia masih rutin datang ke gereja. Seluruh sistem tubuhnya juga bisa dibilang masih berfungsi dengan baik.

Gentry juga mengatakan moto hidup neneknya 'Anda tidak selalu mendapatkan apa yang Anda inginkan, tapi Anda mendapatkan apa yang Anda butuhkan'.

Jika dilihat ke garis keturunan, Modlin masuk dalam lingkup keluarga yang panjang umur. Ketika Modlin berusia 100 tahun, ia pergi ke Texas untuk menghadiri pesta ulang tahun kerabatnya, Jake Hardesty yang berusia 99 tahun.

Baca juga : Ini Makanan yang Jadi Rahasia Panjang Umur Keluarga Tertua di Dunia
Mau Panjang Usia? Tiru Nenek 102 Tahun yang Rajin Makan Cokelat IniFoto: Istimewa
Eunice Modlin lahir pada tanggal 16 Januari 1916. Ketika masih muda, Modlin dikenal karena keahliannya memanah. Olah raga ini ia geluti saat berusia 20 tahun-an. Suaminya membuat busur panah untuk keluarga dan mereka berkelana ke seluruh penjuru negeri untuk ber
tanding. Hingga pada suatu waktu, Modlin tercatat dalam The Guinness Book of World Records untuk tembakan panah terjauh..

Dalam hidupnya, Modlin kerap melalui depresi dan masa-masa sulit lainnya, namun ia tetap optimis.

"Kakekku adalah cinta sejatinya, meninggal pada tahun 1991, saya terisak karena nenek saya, yang sangat saya cintai," tutup Gentry. (dvs/odi)