Wanita Tertua di Dunia Rajin Makan Telur Sebagai Rahasia Umur Panjangnya

Annisa Trimirasti - detikFood
Selasa, 01 Nov 2016 14:41 WIB
Foto: GettyImages
Jakarta - Berumur panjang jadi impian banyak orang. Wanita tertua yang masih hidup asal Italia, Morano, menyebut telur jadi rahasia panjang umurnya.

Emma Morano akan berusia 117 tahun pada 27 November mendatang. Selama ini, Morano telah melahap setidaknya 2 telur sehari selama 90 tahun. Mungkin total telur yang telah dia habiskan mencapai 100.000 butir.

Lahir pada tahun 1899, Morano berasal dari Verbania, Italia dan mulai makan telur dengan rajin sejak usia 20 tahun. Setelah dokter mendiagnosa anemia kemudian menyarankan agar Morano mengonsumsi 2 telur mentah dan 1 telur matang setiap hari.

Wanita Tertua di Dunia Rajin Makan Telur Sebagai Rahasia Umur PanjangnyaFoto: GettyImages

"Dan telur saja yang saya makan, juga kue. Tapi sekarang, saya tidak makan banyak kue karena saya sakit gigi" ujar Morano pada Agence-France Press dikutip dari news.com.au (1/11/16).

Dokter Carlo Bava menegaskan bahwa pasiennya tidak mengikuti saran gizi konvensional. Menurut Bava, Morano selalu makan sangat sedikit sayuran dan sangat sedikit buah. Saat Bava terakhir menemuinya, Morano makan tiga butir telur per hari, dua mentah di pagi hari dan kemudian telur dadar di siang hari serta ayam saat makan malam.

Wanita Tertua di Dunia Rajin Makan Telur Sebagai Rahasia Umur PanjangnyaFoto: GettyImages

Akhir-akhir ini, Morano tidak makan banyak daging karean dia tidak menyukainya lagi. Beberapa orang mengatakan padanya bahwa daging menyebabkan kanker.

Morano mungkin tidak akan memakan kue ulang tahunnya akhir bulan ini karena menurutnya ia makan sangat sedikit dan merasa kurang baik.

Hari ulang tahun Morano tinggal menghitung hari. Bila Morano sampai berulang tahun dan berumur panjang. Ia akan memecahkan rekor wanita Prancis, Jeanne Calmet yang tutup usia pada 122 tahun. (ani/odi)