Ini Dia Daftar 10 Diet Terbaik untuk Dijalani Tahun 2018 (2)

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Jumat, 05 Jan 2018 11:00 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Tak sembarang diet, pilihlah diet sehat untuk awali tahun 2018. US News & World Report mengungkap 10 pilihan diet terbaik di tahun baru ini.

Banyak pola makan atau diet baru bermunculan setiap tahunnya. Tapi kalau mau yang sehat dan aman, rekomendasi US News & World Report ini patut jadi pertimbangan. Pasalnya kualitas diet sudah dinilai juri yang terdiri dari para ahli gizi. Ini dia daftar lengkapnya.

6. Diet MIND
Ini Dia Daftar 10 Diet Terbaik untuk Dijalani Tahun 2018 (2)Foto: Istimewa
Menempati peringkat 3 sebagai diet terbaik tahun lalu, diet MIND fokus pada konsumsi makanan yang sehat bagi otak. Terutama makanan yang mampu cegah penyakit neurologis seperti Alzheimer. Buah berry, minyak zaitun, kacang-kacangan dan sayuran hijau direkomendasikan untuk dikonsumsi. Diet MIND awalnya dikembangkan sebagai perpaduan diet Mediterania dan DASH yang lebih fokus pada kesehatan otak.

Baca Juga: MIND, Cara Berdiet Baru untuk Kurangi Risiko Alzheimer

7. Diet Weight Watchers
Ini Dia Daftar 10 Diet Terbaik untuk Dijalani Tahun 2018 (2)Foto: Istimewa
Weight Watchers adalah program diet ternama yang dijalani presenter Oprah Winfrey. Diet ini menggunakan sistem poin, namun pada Desember 2017, Weight Watchers memperkenalkan program Freestyle dimana konsumsi telur, kacang-kacangan dan hampir 50 jenis ikan punya poin 0. Diet ini menduduki peringkat teratas untuk kategori diet penurunan berat badan terbaik.

Baca Juga: Berkat Twit Ini, Oprah Winfrey Raup Keuntungan Fantastis

8. Diet flexitarian
Ini Dia Daftar 10 Diet Terbaik untuk Dijalani Tahun 2018 (2)Foto: Istimewa
Diet flexitarian dikembangkan ahli gizi Dawn Jackson Blatner. Diet ini ditujukan bagi mereka yang tertarik jalani pola hidup vegetarian namun masih mau makan daging sesekali. Diet ini merekomendasikan penambahan "daging baru" pada pola makan harian seperti tahu tinggi protein, kacang-kacangan, lentil dan telur. Tapi jika sesekali ingin makan daging, diet flexitarian tak mempermasalahkannya.

Baca Juga: Inilah Alasan Diet Flexitarian dan Diet Eco-Atkins Digemari

9. Diet DASH
Ini Dia Daftar 10 Diet Terbaik untuk Dijalani Tahun 2018 (2)Foto: Istimewa
Selama 8 tahun berturut-turut, diet DASH disebut sebagai diet terbaik. Prinsip diet DASH adalah mengonsumsi makanan yang bagus untuk mencegah hipertensi. Diet ini termasuk membatasi asupan sodium harian tak lebih dari 2.300 miligram. Juga perbanyak makan sayuran, buah dan gandum. "Diet DASH sangat aman untuk semua orang. Tidak ada hal yang menarik tentang ini, dan inilah yang membuat diet DASH adalah rencana bagus," tutur Angela Haupt dari US News & World Report.

Baca Juga: Diet DASH Efektif Turunkan Tekanan Darah dan Berat Badan

10. Diet Mediterania
Ini Dia Daftar 10 Diet Terbaik untuk Dijalani Tahun 2018 (2)Foto: Istimewa
Inilah diet yang disebut-sebut sebagai diet terbaik untuk dijalani tahun 2018. Diet Mediterania mencontoh pola makan masyarakat di sekitar laut Mediterania. Biasanya banyak konsumsi buah, sayur, ikan dan gandum serta nasi cokelat. Penelitian telah mengaitkan diet ini dengan beragam manfaat kesehatan seperti mengurangi risiko sakit jantung dan kanker payudara.

Baca Juga: Terbukti Diet Mediterania Mampu Atasi Penyakit Jantung dan Stroke (dwa/adr)