Meski Populer Sebagai Makanan Amerika, ​10 Makanan​ Ini Tak​ Berasal dari Amerika (​2​)

Devi Setya - detikFood Kamis, 04 Jan 2018 16:30 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Donat dan fried chicken dikenal sebagai makanan ikonik Amerika. Padahal makanan itu bukan asli Amerika tetapi dibawa oleh kaum imigran.

Meskipun lekat dengan orang Amerika, beragam makanan seperti french fries hingga apple pie bukanlah autentik Amerika. Karena beragam bangsa berimigrasi ke Amerika maka mereka pun membawa makanannya hingga populer ke seluruh Amerika.

6. Selai kacang dari Kanada
Meski Populer Sebagai Makanan Amerika, 10 Makanan Ini Tak Berasal dari Amerika (2)Foto: iStock
Kabar yang berkembang soal penemu selai kacang adalah George Washington Carver. Padahal menurut National Peanut Board, selai kacang sudah dibuat oleh suku Inca kuno dan suku Aztec yang sudah menggiling kacang menjadi pasta.

Selai kacang modern, sebenarnya sudah dipatenkan oleh Marcellus Gilmore Edson dari Montreal, Kanada pada tahun 1884. Metode pembuatan selai Amerika kemudian dipatenkan oleh Dr. John Harvey Kellogg pada tahun 1895.

Baca juga : Makanan Indonesia Juga Populer di Amerika, Ini 5 Restoran Indonesia di Los Angeles

7. Bacon dari bangsa Celtic Kuno
Meski Populer Sebagai Makanan Amerika, 10 Makanan Ini Tak Berasal dari Amerika (2)Foto: KABC/Independent
Bangsa romawi kuno sering disebut sebagai penemu bacon. Pada masa Kekaisaran Romawi, beef bacon dikenal dengan nama "petsaso" dan berwarna kecoklatan, menurut ahli etimologi di Marymount College.

Tapi nyatanya bangsa Celtic sudah menemukannya lebih dulu. Menurut ahli sejarah makanan Ken Albala, "Orang Romawi mengatakan bangsa Celtic yang mengajari membuat bacon."

8. Mayones dari Prancis atau Spanyol
Meski Populer Sebagai Makanan Amerika, 10 Makanan Ini Tak Berasal dari Amerika (2)Foto: ilustrasi/thinkstock
Mayones diduga ditemukan di Prancis pada tahun 1756. Saus ini ditemukan oleh koko tentara Prancis dan kemudian memberi nama sesuai nama pelabuhan tempat ditemukannya saus ini, "mahon-aise."

Sejarahwan makanan, Tom Nealon mengatakan saus ini sebenarnya adalah salsa mahonesa yakni saus asal Spanyol yang banyak dipakai di Prancis.

9. Donat dari Belanda
Meski Populer Sebagai Makanan Amerika, 10 Makanan Ini Tak Berasal dari Amerika (2)Foto: Istimewa
Donat berasal dari bahasa Belanda "olykoeks" atau kue berminyak. Meskipun adonan yang digoreng dan manis telah ada selama ribuan tahun, donat modern tersebut datang ke New York City melalui imigran Belanda yang memanggang dan menjual olykoeks, menurut The Smithsonian.

Selama pertengahan abad ke-19, seorang wanita New England Elizabeth Gregory terkenal dengan kue bola gorengnya, yang selalu dia lengkapi dengan kacang di tengahnya. Inilah awal mula sebutan doughnut.

Baca juga : Kini Makanan Halal Makin Digemari Warga Amerika

10. Ayam goreng tepung dari Afrika
Meski Populer Sebagai Makanan Amerika, 10 Makanan Ini Tak Berasal dari Amerika (2)Foto: Istimewa
Ada yang bilang ayam goreng berasal dari Skotlandia. Menurut Scotsman Food and Drink, teknik ini sudah dilakukan secara berabad-abad yakni menggoreng ayam dalam lemak hewan. Bukan memanggang atau merebus seperti yang kebanyakan orang Inggris lakukan.

Namun, asal mula ayam goreng di Amerika kemungkinan besar mulai pada awal abad ke-19, menurut The Atlantic.

"Skotlandia tampaknya sangat jauh. Orang Amerika Selatan melihat teknik penggorengan jauh lebih umum terjadi di Afrika, jadi hubungan di sana lebih mungkin terjadi, melalui budak Afrika." kata sejarahwan makanan Albala. (dvs/odi)