Lapar Jelang Tidur? Ini 8 Camilan yang Bisa Jadi Pilihan

Dewi Anggraini - detikFood Rabu, 03 Jan 2018 19:30 WIB
Foto: Thinkstock Foto: Thinkstock
Jakarta - Lapar sebelum tidur? Anda bisa tetap ngemil enak sebelum tidur. Ini pilihan camilan sehat rendah kalori yang bisa Anda konsumsi.

Ketika datang hasrat untuk ngemil pada satu atau dua jam sebelum Anda tidur, sebaiknya mempertimbangkan hal ini. Studi menemukan bahwa makan pada waktu tepat sebelum tidur bisa membuat tidur gelisah dan membuat Anda kelelahan.

"Temukan salah satu dari makanan rendah kalori ini dan camilan yang merangsang tidur ini tidak akan membuat Anda terbangun dengan rasa kembung di perut," ujar Janet Brill, Ph.D. R.D ahli gizi asal Philadelphia, Amerika dan penulis Blood Pressure Down.

Berikut adalah 8 camilan sebelum tidur yang direkomendasikan Brill sehingga membuat tidur lelap dan rendah kalori.

1. String Cheese
Lapar Jelang Tidur? Ini 8 Camilan Sehat yang Bisa Jadi PilihanFoto: Cow Candy

Satu porsi makanan ringan ini mengandung protein dan lemak yang bisa mengenyangkan. Keju ini mengandung sekitar 80 kalori. Bril mengatakan jika string cheese juga memiliki triptofan asam amino, yang bisa membuat Anda mengantuk.

Baca Juga: Cantiknya String Cheese Warna Warni Rasa Strawberry Hingga Fruit Punch

2. Semangkuk Sereal
Lapar Jelang Tidur? Ini 8 Camilan Sehat yang Bisa Jadi PilihanFoto: Getty Images
Sereal yang dimaksud adalah jenis karbohidrat gandum utuh (pikirkan oatmeal atau corn atau bran flakes) yang mudah dicerna dan memberi Anda 200 kalori atau kurang per mangkuk. Jangan lupa untuk tuangkan sedikit susu untuk mendapakan triptofan ekstra dan protein.

3. Greek Yoghurt
Lapar Jelang Tidur? Ini 8 Camilan Sehat yang Bisa Jadi PilihanFoto: CBC/iStock
Mengandung sekitar 100 sampai 150 kalori, tubuh akan rileks karena zat triptofan dari susu, serta protein yang memuaskan. Selain itu, yogurt bisa membantu menenangkan perut , jadi Anda tidak terbangun dengan perut mulas atau alami gangguan pencernaan. Sebaliknya malah bisa membuat Anda tidur nyenyak.

4. Dua lembar daging ayam kalkun
Daging kalkun kaya triptofan yang merangsang tidur dan memiliki protein rendah lemak berkualitas tinggi. Beberapa iris daging ayam kalkum memiliki lebih dari 100 kalori.

5. Apel dan satu sendok selai kacang
Buah apel kaya akan serat selain itu ia renyah saat digigit. Protin dalam kacang dan almond juga dapat membuat kenyang.

6. Puding cokelat tanpa lemak
Lapar Jelang Tidur? Ini 8 Camilan Sehat yang Bisa Jadi PilihanFoto: detikFood
Siapa yang tidak menyukai puding yang satu ini. Cokelat dan rasanya yang creamy sangat ringan di mulut. Puding ini juga tidak mengandung lemak yang bisa bertahan di perut . Satu cup puding cokelat non lemak ini memiliki 90 kalori.

7. Baby Carrot
Baby Carrot kaya akan nutrisi dan amat renyah saat dikunyah. Wortel akan membuat kenyang sehingga Anda bisa tidur nyenyak. Satu buah baby carrot mengandung 4 kalori.

8. Pisang
Lapar Jelang Tidur? Ini 8 Camilan Sehat yang Bisa Jadi PilihanFoto: Thinkstock
Pisang tidak hanya mengenyangkan tetapi juga hanya mengandung 100 kalori. Karenanya sangat baik dijadikan camilan malam hari. Selain itu, tidak memerlukan tempat atau peralatan masak untuk memakan dan mengupas buah ini. Jadi dapur akan tetap bersih.

Baca Juga: Ini 6 Camilan Sehat Untuk Pelengkap Bekal https://food.detik.com/makanan-dan-gizi-anak/d-3258539/ini-6-camilan-sehat-untuk-pelengkap-bekal (dvs/odi)