Menu Natal dan Tahun Baru

Ini 5 Jenis Panggangan yang Bisa Anda Gunakan Untuk Pesta Barbeque

Lusiana Mustinda - detikFood Rabu, 27 Des 2017 18:03 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Sebelum memulai pesta BBQ, siapkan terlebih dulu panggangannya. Ada yang menggunakan arang, listrik hingga gas. Semuanya bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Di pasaran tersedia beberapa jenis alat pemanggangan seperti berbahan bakar arang, gas ataupun listrik. Mulailah dari yang paling sederhana seperti pan grill atau panggangan listrik.

Setiap jenis pemanggangan memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Ada yang bisa digunakan di outdoor ataupun di dapur Anda.

Baca juga: Agar Ayam Bakar Juicy Empuk, Ikuti 10 Tips Penting Ini (1)

1. Panggangan arang

Ini 5 Jenis Panggangan yang Bisa Anda Gunakan Untuk Pesta BarbequeFoto: iStock

Ini adalah jenis panggangan yang paling populer di kalangan masyarakat Indonesia karena mudah di dapat dan harganya relatif murah. Penggunaan arang kayu atau batok kelapa akan memberikan aroma harum pada makanan yang dibakar.

Ukuran dan bentuknya cukup beragam. Namun, waktu memanggangnya membutuhkan waktu yang relatif lama.

2. Pan grill

Ini 5 Jenis Panggangan yang Bisa Anda Gunakan Untuk Pesta BarbequeFoto: iStock

Jika ingin memanfaatkan alat yang ada, Anda bisa menggunakan pan frill. Caranya cukup dengan mengolesi wajan dengan sedikit minyak atau mentega, makanan dapat dibakar di atas kompor.

Biasanya, pan grill terbuat dari besi baja dengan bagian dasar yang bergelombang sehingga mencegah makanan gosong dengan cepat. Dengan alat ini Anda bisa memanggang steak, sate ataupun seafood.

3. Panggangan kabinet

Ini 5 Jenis Panggangan yang Bisa Anda Gunakan Untuk Pesta BarbequeFoto: iStock

Nah, kalau jenis panggangan ini cocok digunakan untuk di luar ruangan misalnya halaman rumah. Dilengkapi dengan tutup serta roda sehingga membuatnya mudah dipindahkan. Bentuknya cukup modern dengan lemari di sisi kanan dan kiri yang dapat dimanfaatkan untuk menyimpan saus dan bahan makanan lainnya.

Dengan panggangan kabinet ini, proses pemanggangan lebih cepat matang dan mudah dibersihkan. Umumnya, panggangan kabinet ini bahan bakarnya menggunakan gas, namun beberapa juga ada yang menggunakan bara api. Hanya saja harganya cukup mahal dan tak terlalu menghasilkan aroma harum bakaran seperti dengan menggunakan arang.

4. Panggangan listrik

Ini 5 Jenis Panggangan yang Bisa Anda Gunakan Untuk Pesta BarbequeFoto: iStock

Jika ingin menyantap barbeque di dalam ruangan, Anda bisa menggunakan panggangan ini. Anda pun tak perlu repot untuk membeli arang atau membuat bara api. Cukup menghubungkan dengan aliran listrik, Anda bisa memanggang makanan apa saja. Panggangan jenis ini mudah dibawa kemana saja.

5. Panggangan gas

Ini 5 Jenis Panggangan yang Bisa Anda Gunakan Untuk Pesta BarbequeFoto: iStock

Hampir sama dengan panggangan listrik, hanya saja panggangan ini bahan bakarnya menggunakan bantuan gas. Umumnya berbentuk persegi oanjang dengan bilah-bilah pipa di atasnya. Sate, seafood, ayam, ikan, sayuran, sosis hingga jagung bisa dipanggang merata di alat pemanggang ini.

Baca juga: Ayam Bisa Juga Dipanggang Dalam Wajan, Ini Caranya Menurut Chef Revo (lus/lus)