Bagel Warna Pelangi hingga Daging Palsu Ramaikan Kuliner 2017

Devi Setya - detikFood Rabu, 27 Des 2017 12:30 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Tahun 2017 diwarnai dengan beragam tren makanan. Mulai bagel dengan warna pelangi, arang, bubuk hingga kombucha.

Sepanjang tahun 2017 banyak deretan makanan yang memenuhi laman media sosial. Tapi dari sekian banyak kuliner hits tersebut menyita perhatian netizen.

Global News melakukan polling pada sejumlah food blogger dan praktisi kuliner untuk memilih apa saja kuliner yang menyita perhatian sepanjang tahun ini. Berikut urutannya.

1. Poke
Bagel Warna Pelangi hingga Daging Palsu Ramaikan Kuliner 2017Foto: Istimewa
Merupakan revolusi makanan sehat cepat saji. Foodora mengatakan poke adalah makanan favorit sepanjang tahun ini. "Poke jadi pilihan makan siang atau makan malam yang kaya rasa karena masing-masing bahan direndam dalam saus kedelai dan wijen. Ini memberikan pengalaman rasa baru bagi para foodies."

Poke merupakan hidangaan "deconstructed sushi" versi Hawaii. Isiannya antara lain tuna atau salmon mentah, nasi, alpukat dan acar jahe. "Poke mendapat perhatian lebih karena oraang menginginkan makanan sehat dan juga cepat," lanjut Foodora.

Baca juga : Ini Dia 10 Tren Kuliner Paling Hits Sepanjang 2017 (1)

2.Paket masak
Bagel Warna Pelangi hingga Daging Palsu Ramaikan Kuliner 2017Foto: Istimewa
Loblaw mengatakan, "Meskipun terbilang masih baru tetapi paket masak ini jadi hal yang menarik perhatian karena beberapa orang ingin menghemat waktu memasak pada malaam hari ataupun di tengah kesibukan."

Paket masak dari Good Food misalnya, mulai populer karena menyajikan sepaket bahan masakan yang komplit berisi bahan makanan hingga bumbu siap masak. Orang bisa mengolah makanan dengan cepat.

3.Instagrammable
Bagel Warna Pelangi hingga Daging Palsu Ramaikan Kuliner 2017Foto: Square Bar
Kurator makanan online, TasteToronto mengatakan "Apapun bentuknyaa entah pizza besar, es krim cone, sandwich es krim atau burger keju dengan tiga patty, asal makanan ini tampak bagus difoto maka akan jadi tren."

Bagel pelangi, unicorn frappucino dan lainnya punya daya tarik sendiri pada tahun 2017. Semua makanan yang fotogenic memiliki peluang untuk menjadi tren.

4.Activated charcoal atau bubuk arang
Bagel Warna Pelangi hingga Daging Palsu Ramaikan Kuliner 2017Foto: iStock
Maria Koutsogiannis dari Foodbymaria mengatakan, "Bubuk arang aktif adalah sebuah tren yang besar, terutama pada perusahaan minuman, es krim ataupun makanan sarapan. Warna hitam sangat menarik perhatiaan orang. Apalagi ditambah dengan manfaatnya untuk kesehatan,"

Ketika orang sudah melewati fase makanan serba pelangi dan unicorn, kemudian orang lebih tertarik pada makanan warna hitam. Arang ditambahkan pada cupcakes, es krim, pasta, roti dan lainnya. Sebelumnya bubuk arang ini digunakan secara tradisional untuk mengobati over dosis obat terlarang, keracunaan dan intoksikasi lainnya.

Baca juga : Ini Dia 10 Tren Kuliner Paling Hits Sepanjang 2017 (2)

5.Daging palsu

Bagel Warna Pelangi hingga Daging Palsu Ramaikan Kuliner 2017Foto: iStock
Chef Kimberly Lallouz beranggpan "Saya akan mengatakan di antara tren ini, banyak yang beralih ke pilihan yang lebih sehat seperti bahan nabati, protein dari tumbuhan akan terlihat lebih banyak di piring, salah satunya daging palsu."

Anda mungkin pernah mendengar istilah 'meat less Monday'. Ya, banyak orang menerapkan untuk tidak makan daging pada hari Senin. Sebagai gantinya, orang menyantap protein nabati. Ini adalah langkah yang diambil beberapa orang yang sedang berusaha menjadi vegetarian. Google bahkan merilis pencariaan terbesar pada diet vegetarian paling banyak dicari di Kanada sepanjang 2017. (dvs/odi)