Menu Natal dan Tahun Baru

Ini Dia Ragam Kue Natal yang Unik dari Portugal hingga Jepang (1)

Lusiana Mustinda - detikFood Selasa, 19 Des 2017 16:00 WIB
Foto: Istimewa
Jakarta - Selain makanan, ragam kue cantik juga jadi bagian penting untuk rayakan Natal. Kreasi dari berbagai negara ini tentu tak boleh dilewatkan saat Natal tiba.

Setiap negara memiliki tradisi tersendiri untuk sajikan aneka kue-kue enak untuk menyambut tamu dan juga keluarga. Kue yang disajikan juga beragam, ada yang dipadu dengan krim, manisan buah, hingga campuran cincangan buah. Dikutip dari beberapa sumber, ini dia hidangan kue enak dari Portugal hingga Jepang.

Baca juga: Ini 7 Makanan Natal Populer dari Berbagai Negara

1. Speculoos

Ini Dia Ragam Kue Unik untuk Natal yang Spesial dari Portugal hingga Jepang (1)Foto: Istimewa

Speculaas atau speculoos merupakan biskuit shortcrust yang lembut dan halus serta berasal dari Belanda dan Belgia. Sajian kue ini sangat populer saat Natal dan jadi kue yang disajikan untuk menandai mulainya musim Natal. Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat Speculoos adalah tepung terigu, brown sugar, mentega dan beberapa bumbu seperti kayu manis, pala, cengkeh, jahe, kapulaga dan lada.

Beberapa resep juga ditambahkan dengan bubuk almond. Biskuit ini juga dibentuk mirip Sinterklas yang cocok dinikmati bersama dengan kopi hangat atau teh.

2. Stollen

Ini Dia Ragam Kue Unik untuk Natal yang Spesial dari Portugal hingga Jepang (1)Foto: Istimewa

Stollen merupakan cake khas Natal asal Jerman. Ini adalah roti manis dengan bintik-bintik yang dibuat dari manisan buah, kacang-kacangan dan marzipan. Menurut sejarawan, kue ini sudah ada sejak tahun 1400 di Dresden. Pada awalnya, kue ini dibuat dengan campuran tepung, air dan oat. Akan tetapi kini, stollen dibuat dengan tambahan beberapa bahan lain seperti mentega, kismis dan sari lemon yang dicampur dengan adonan ragi dan dipanggang.

Setelah itu stollen cake disajikan dengan taburan gula pasir. Setiap tahun di Kota Dresden juga diselenggarakan Festival Stollen dengan membuat sebuah stollen raksasa dengan berat 3.000 hingga 4.000 Kg dan dibagi kepada kependudukan kota dan pengunjung festival.

3. Leaf bread

Ini Dia Ragam Kue Unik untuk Natal yang Spesial dari Portugal hingga Jepang (1)Foto: Istimewa

Leaf bread atau roti daun ini berasal dari Islandia bagian utara. Menurut situs Museum Nasional Islandia, terkadang sulit untuk mendapatkan bahan baku yang dibutuhkan untuk membuat roti, terutama zaman dulu saat monopoli perdagangan karena sajian ini masih dibuat dengan produk gandum.

Kini leaf bread disajikan dengan adonan yang lebih tipis kemudian dipanggang. Kue ini sering disajikan saat Natal untuk suguhan para tamu yang datang ke rumah.

4. Panforte

Ini Dia Ragam Kue Unik untuk Natal yang Spesial dari Portugal hingga Jepang (1)Foto: Istimewa

Panforte yang berarti roti kuat ini berasal dari Tuscan. Teksturnya padat dan kenyal yang ditaburi gula dan dikemas dengan buah dan kacang kering. Panforte biasanya dibuat dengan campuran jeruk manis, melon, kacang almond dan bumbu yang agak kuat seperti kayu manis, cengkeh, pala, lada dan kapulaga.

Secara tradisional, panforte ada dua kategori yaitu warna gelap dengan manisan melon dan lada hitam yang kemudian ditambahkan dengan bubuk kakao. Dan panforte yang lebih pucat dengan campuran gula pasir dan vanilla.

5. Panettone

Ini Dia Ragam Kue Unik untuk Natal yang Spesial dari Portugal hingga Jepang (1)Foto: Istimewa

Di Milan, Italia kue ini selalu disajikan ketika menjelang ataupun saat Natal. Panettone merupakan roti manis yang dicampurkan dengan kismis dan manisan kulit jeruk. Memiliki tekstur yang lembut dengan rasa yang manis, kue ini cocok disajikan bersama dengan wine ataupun teh.

Baca juga: Stollen dan Lebkuchen, Kue Khas Natal dari Jerman (lus/lus)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com