Kuliner Hits 2017

Es Kopi Susu Sukses Jadi Minuman Paling Hits di Tahun 2017

Lusiana Mustinda - detikFood Rabu, 13 Des 2017 16:00 WIB
Foto: iStock
FOKUS BERITA Kuliner Hits 2017
Jakarta - Kopi susu kekinian makin mudah ditemui di Jakarta. Disajikan dengan es batu plus racikan kopi Indonesia membuat minuman ini jadi yang populer tahun ini.

Kopi kini memang mulai menjadi gaya hidup kaum urban. Ngopi bahkan sudah jadi bagian dari keseharian mereka. Biasa dibeli untuk sarapan, usai makan siang ataupun selepas pulang kantor.

Baca juga: Harganya yang Relatif Murah Membuat Es Kopi Susu Kian Digemari

Es Kopi Susu Sukses Jadi Minuman Paling Hits di Tahun 2017Foto: detikFood

Menyasar kaum millenial, beberapa gerai kopi kini menyajikan es kopi susu dengan rasa pahit bersemburat pahit. Di Jakarta banyak sekali penjual es kopi susu yang populer. Sayangnya, minuman ini dijajakan relatif mahal di coffee shop berjaring global.

Racikan kopi susu umumnya dibuat dengan es batu yang dicampur dengan kopi bubuk, susu kental manis, susu segar dan espresso. Biasanya, biji kopi yang digunakan adalah campuran kopi Arabika dan Robusta.

Pertama kali es kopi susu dipopulerkan oleh Andanu Prasetyo, pendiri Toko Kopi Tuku. Ia menghadirkan kopi yang dapat dinikmati sehari-hari dengan harga terjangkau. Salah satu yang jadi andalannya adalah Es Kopi Susu Tetangga yang diracik dengan kopi jenis arabika, susu dan sirup gula aren. Bahkan gerainya pun pernah dikunjungi oleh Presiden Jokowi.

Selain Toko Kopi Tuku, ada juga Animo, milik Agam Abgari. Di gerainya, ia menjual es kopi susu dan es kopi moka. Bahkan, kini para penggemar es kopi susu juga kerap kali menikmatinya bersama dengan donat kampung yang enak. Dalam sehari, Animo dapat menjual sekitar 800 gelas es kopi susu dan es kopi moka.

Es Kopi Susu Sukses Jadi Minuman Paling Hits di Tahun 2017Foto: Instagram Bake a Boo

Beberapa waktu lalu, foodies juga dibuat penasaran oleh racikan es kopi susu dari Bake a Boo yang membuat inovasi baru dengan menambahkan Baileys ke dalam kopi susunya. Dengan paduan ragam donat dengan topping manis dan enak.

Bukan hanya Tuku, Animo dan Bake a Boo, ada juga beberapa gerai es kopi susu kekinian yang populer dan patut dicoba seperti Dibawah Tangga, Sagaleh, Kopini, Jep Kopi, Kopi Gawe dan Kopi Sana.

Untuk harga, es kopi susu ini dibandrol dengan harga yang berkisar antara Rp 15.000 hingga Rp 18.000.

Baca juga: Sedang Tren! Menyesap Es Kopi Susu dengan Donat Kampung (lus/lus)
FOKUS BERITA Kuliner Hits 2017

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com