Kuliner Hits 2017

Ayam Goreng ​Digeprek di Atas ​Sambal Jadi Idola Tahun Ini

Lusiana Mustinda - detikFood Rabu, 13 Des 2017 14:30 WIB
Foto: Detikfood
FOKUS BERITA Kuliner Hits 2017
Jakarta - Ayam goreng gurih memang makin enak disajikan bersama sambal pedas. Tahun ini, ayam geprek jadi salah satu yang favorit dan banyak variannya!

Bagi Anda pecinta ayam dan sambal, wajib coba makanan ini. Makanan pedas selalu mendapatkan tempat di hati orang Indonesia. Salah satu makanan pedas dan yang sedang hits di tahun ini adalah ayam yang digeprek dengan balutan sambal pedas. Menilik kepopuleran ayam goreng sambal, sebenarnya ayam goreng dengan topping sambal sudah aja sejak dulu dan diberi nama ayam penyet.

Baca juga: Ayam Goreng Digeprek dan Berselimut Sambal Rawit yang Menggigit

Ayam Goreng Plus Sambal yang Digeprek Jadi Idola Tahun IniFoto: Detikfood

Jika ditilik dari sejarahnya, ayam geprek ini berasal dari Yogyakarta. Sebut saja ayam geprek Bu Rum yang dikenal sebagai pioneer ayam geprek di Jogja. Berbeda dengan ayam penyet, ayam geprek justru menggunakan ayam berbalut tepung dengan tambahan cabai rawit, garam dan bawang putih.

Ayam Goreng Plus Sambal yang Digeprek Jadi Idola Tahun IniFoto: Lusiana Mustinda

Soal cabai, baik Bu Rum atau beberapa gerai ayam geprek lainnya membuat tingkatan level sambal. Cabai rawit merahnya bisa dipilih sesuai keinginan Anda. Selain Bu Rum, ada juga gerai ayam geprek bernama ayam geprek Orlen di Jogja yang tak hanya membuat ayam geprek original tapi juga ayam bakar yang digeprek dengan paduan sambal yang pedas menggigit.

Dari Jogja, kemudian banyak gerai-gerai baru yang membuka usaha ini di Jakarta. Sebut saja Ayam Geprek Mas eko Asli Jogja, Geprek Bensu hingga Ayam Geprek Keprabon. Ketiganya, sama-sama menyajikan tingkat kepedasan hingga beragam level. Makin enak dinikmati dengan nasi dan juga mie goreng.

Ada juga ayam geprek di Warung Gelo yang bisa Anda pesan dengan tambahan 150 cabai. Rasanya pedas menyengat dan bisa membuat lidah serasa terbakar. Huah!

Agar lebih kekinian, gerai ayam geprek di Jakarta juga menyajikannya bersama dengan tambahan lelehan keju. Harga seporsi ayam geprek dibandrol dengan harga Rp 15.000-an. Kira-kira, tahun depan apakah ayam geprek masih diminati penggemarnya nggak ya?

Baca juga: Gelo! Ayam Goreng Geprek dengan Baluran Sambal dari 150 Cabai (lus/lus)
FOKUS BERITA Kuliner Hits 2017