Makanan Super Pedas

Ayam Goreng Digeprek dan Berselimut Sambal Rawit yang Menggigit

Lusiana Mustinda - detikFood Jumat, 06 Okt 2017 12:57 WIB
Foto: Instagram Geprek Bensu Foto: Instagram Geprek Bensu
FOKUS BERITA Makanan Super Pedas
Jakarta - Ayam goreng yang gurih digeprek dan diberi topping sambal. Tak tanggung-tanggung, penjual ayam ini menjualnya dengan berbagai level, hingga ratusan cabai rawit.

Makanan pedas selalu mendapatkan tempat di hari orang Indonesia. Dan salah satu makanan yang masih hits hingga saat ini adalah ayam geprek. Makanan ini dibuat dengan ayam yang diungkep dengan bumbu kuning kemudian digoreng dan uleg bersama dengan bawang putih dan cabe rawit.

Baca juga: Geprek Bensu: Pedas Menyengat! Ayam Geprek Berselimut Sambal Rawit Level 5

Ayam geprek dengan paduan mie.Ayam geprek berlumur sambal dengan paduan mie. Foto: Detikfood


Beberapa penjual ada yang menjual ayam dengan balutan tepung renyah dan tanpa tepung. Cabe rawit yang sudah direbus ataupun segar di uleg bersama dengan bawang putih, kemudian digeprek bersama dengan ayamnya. Tentunya makin enak dinikmati bersama dengan lalapan dan nasi putih.

Awalnya, ayam geprek ini awalnya muncul di daerah Yogyakarta, terutama di daerah Bantul. Ayam geprek ini banyak dijual di warung-warung sekitaran kampus sehingga menjadi salah satu favorit makanan anak kuliahan. Penjual ayam geprek ini biasanya menyediakan ragam level kepedasan, mulai dari 2 cabe, 4 cabe hingga 10 cabe.

Ayam geprek dengan paduan 150 cabai yang super pedas.Ayam geprek dengan paduan 150 cabai yang super pedas. Foto: Lusiana Mustinda/detikFood

Tak hanya di Jogja, ayam geprek kini juga banyak di Jakarta. Salah satu yang populer adalah Ayam Geprek Mas eko Asli Jogja, Geprek Bensu hingga Ayam Geprek Keprabon. Ketiganya, sama-sama menyajikan tingkat kepedasan hingga beragam level. Akan tetapi, bagi Anda yang berani menantang rasa pedas hingga 150 cabai (level 6), bisa mencicip ayam geprek di Warung Gelo, Kemang. Berani coba?

Baca juga: Suka 'Cabe-cabean'? Di Sini Ada Mie Super Pedas yang Dibuat Hingga 150 Cabe! (lus/odi)
FOKUS BERITA Makanan Super Pedas