ADVERTISEMENT

Miris! Restoran Terbaik di London Versi Trip Advisor Ternyata Fiktif

Devi Setya - detikFood
Senin, 11 Des 2017 11:07 WIB
Foto: Istimewa
Jakarta - Orang memakai daftar restoran terbaik sebagai referensi tempat makan. Tapi apa jadinya jika restoran ini merupakan tempat fiktif yang sama sekali tidak ada?

Dikabarkan Fox News (10/12) seorang wartawan Inggris memiliki imajinasi yang dituangkan dalam sebuah tulisan dengan tema rekomendasi restoran terbaik. Pria bernama Oobah Butler menuliskan segala hal tentang restoran "imajinasinya" dalam ulasan di TripAdvisor.

Semua yang dituliskan Butler hanyalah khayalan semata namun tampak sangat nyata.Sejak awal menulis ulasan, ia bahkan sudah berniat untuk sekadar bergurau untuk menipu sekaligus mengecek apakah tulisannya memberikan pengaruh besar pada netizen.
Miris! Restoran Terbaik di London Versi Trip Advisor Ternyata FiktifFoto: Istimewa
"Seiring berjalannya waktu, saya menjadi sangat terobsesi setelah memantau bisnis ini. Saya bisa jadi orang yang beruntung dan memiliki banyak harta asalkan tahu cara menjalankannya," tulis Butler dalam sebuah artikel.

Baca juga : Inilah 50 Restoran yang Raih Penghargaan Restoran Terbaik di Dunia

Restoran yang ia review ini sebenarnya tidak pernah ada, itu hanyalah gudang di belakang rumah Butler yang ia ceritakan layaknya sebuah resto mewah dengan makanan dan pelayanan nomor wahid.

"Semua berawal saat saya duduk di gudang rumah saya, dari sana saya mendapatkan inspirasi membayangkan sebuah restoran yang jadi sasaran banyak orang," kata Butler.

Semua dibuat sempurna mulai dari ulasan palsu dan isi review omong kosong. "Semuanya omong kosong, saya hanya membayangkan gudang menjadi restoran dan menulis sebagai restoran tebaik di London versi TripAdvisor.

Singkat cerita, hadirlah The Shed at Dulwich, restoran ekslusif yang seolah selalu ramai disambangi pencinta kuliner, padahal resto ini sama sekali tak ada.

Ia bahkan menyiapkan sebuah situs yang elegan dan mengisinya dengan postingan gambar makanan yang tampak realistis.
Miris! Restoran Terbaik di London Versi Trip Advisor Ternyata FiktifFoto: Istimewa
Butler mendaftarkan resto imajinasinya ini ke TripAdvisor pada bulan Mei dan menulis banyak ulasan dalam kolom review. Perlahan tapi pasti, berita ini menyebar di kalangan netizen hanya dalam hitungan bulan.

Melihat postingan foto-foto ini telepon di restoran fiktif ini selalu berdering tanpa henti, mereka adalah calon pelanggan yang tertipu.

Hingga pada akhirnya pihak restoran yang memiliki foto makanan yang dicuri menyadari penipuan ini. Dan semua terungkap, tidak pernah ada restoran bernama The Shed at Dulwich.

Begitu mengejutkan karena pada 1 November lalu resto ini dinobaatkan sebagai restoran terbaik di London tanpa pernah memiliki seorang pelangganpun.

Baca juga : Keren! 10 Restoran Terbaik Dunia Berdasarkan Ulasan Traveler

(dvs/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT