Alami Kondisi Langka, Anak Ini Hanya Bisa Konsumsi Buah Peach

Lusiana Mustinda - detikFood Jumat, 08 Des 2017 19:20 WIB
Foto: Istimewa
Jakarta - Alami kondisi langka, anak ini hanya bisa konsumsi buah peach. Padahal, sudah berbagai cara dilakukan ibu Micah untuk mencoba memberi si kecil ragam makanan.

Micah Gabriel Masson Lopez alami kondisi yang langka. Dikutip dalam The Daily Meal (06/12) di usia enam bulan, Micah didiagnosis sindrom food-protein induced enterocolitis (FPIES). Ini adalah alergi pada makanan yang menyababkan muntah, diare, ruam, dehidrasi dan juga syuk hipovolemic berlebihan. Kondisi ini juga disebut dapat menganca, jiwa akibat hilangnya 20 persen cairan tubuh atau darah seseorang.

Baca juga: Gadis Ini Hanya Makan Nugget Selama 15 Tahun

Alami Kondisi Langka, Anak Ini Hanya Bisa Konsumsi Buah PeachFoto: Istimewa

"Makanan padat yang kami coba pertama kali adalah pisang. Dia mulai muntah empat jam kemudian, dan enam kali berturut-turut pingsan. Wajahnya juga pucat bahkan hampir biru," tutur ibu Micah, Carroline Masson kepada Global News.

Masson juga menambahkan bahwa,"Reaksi saat pertama kali melihatnya sangat syok, saya bahkan tidak tahu bagaimana membantunya."

Sekarang, usianya menginjak 23 bulan, makanan yang aman dikonsumsi saat ini adalah buah peach. Buah ini sulit ditemukan selama musim liburan di tempat tinggalnya, Montreal, Kanada. Dan Micah bahkan tidak bisa konsumsi buah peach beku, kalengan atau buah peach yang mengandung zat aditif.

"Kami membeli buah peach dalam jumlah besar dan saat ini kehabisan dana untuk melakukannya, karena kami juga harus membayar kebutuhan medis yang kompleks," kata Masson.

Sang ibu sangat sibuk merawat Micah dan dua kakak laki-lakinya sehingga ia tidak dapat kembali bekerja. Keluarga bahkan telah menyerahkan dana liburan anak-anaknya untuk membantu biaya kebutuhan medis Micah. Ia sangat kurus dan perlu dirawat di rumah sakit untuk di berikan makanan melalui selang infus.

Alami Kondisi Langka, Anak Ini Hanya Bisa Konsumsi Buah PeachFoto: Istimewa

"Berjuang untuk memastikan Micah jadi anak yang paling bahagia. Untuk itu, kita harus bisa memberinya buah peach setiap hari," lanjutnya. Dokter saat ini sedang menguji kesensitifan bayi ini dengan mencoba memberi makanan lain satu setengah sendok teh per hari. Sementara jumlahnya sangat kecil, Masson mengklaim bahwa eksperimennya berjalan dengan baik.

Masson telah menyiapkan kampanye GoFundMe untuk mengumpulkan dana sekitar $ 1.500 atau Rp 21,4 juta untuk membeli buah peach dan membayar ambulans kunjungan dokter, perjalanan, pengujian dan kemungkinan rawat inap.

Baca juga: Tolak Makanan Lain, Anak Ini Hanya Mau Makan Biskuit dan Makanan Bayi (lus/lus)