I​ni 9 Trik Menata Dapur dan Makanan Agar Mudah Terapkan Pola Makan Sehat

Nailatul Fadhillah - detikFood Rabu, 06 Des 2017 14:50 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Dapur yang rapi bsa mendukung pola makan sehat. Cukup lakukan beberapa hal sederhana seputar dapur dan makanan.

Dikutip dari Real Simple (4/12), Direktur Cornell University Food and Brand Lab Dr. Brian Wansink, baru-baru ini merilis Kitchen Hacks yang berisikan beberapa tips mengenai dapur berkaitan dengan pola makan sehat.

1. Meja dapur yang selalu bersih

Ini 9 Trik Menata Dapur dan Makanan Agar Mudah Terapkan Pola Makan SehatFoto: Istimewa

Meja berantakan ternyata membuat orang makan lebih banyak. Para peneliti menemukan bahwa wanita dengan dapur berantakan, makan dua kali lebih banyak kue dan makanan ringan dibandingkan dengan mereka dengan meja yang selalu bersih. Studi lebih lanjut menunjukkan hal ini berkaitan dengan stres karena situasi berantakan memicu orang makan tak terkendali.

Baca juga: 8 Kesalahan Ini Sering Dilakukan Saat Bersihkan Peralatan Dapur

2. Simpan peralatan dapur atau peralatan khusus

Anda mungkin memiliki peralatan dapur seperti mixer atau food processor. Barang-barang ini bisa memicu Anda ke makanan istimewa daripada pilihan makanan sehat.
Saat membersihkan meja, sembunyikan atau simpanlah dalam lemari. Sebaliknya, letakkan peralatan yang lebih praktis di tempat yang mudah dijangkai. Hal ini mendorong Anda lebih memilih meracik smoothies dan salad.

3. Sajikan buah dalam mangkuk

Ini 9 Trik Menata Dapur dan Makanan Agar Mudah Terapkan Pola Makan SehatFoto: Istimewa

Penelitian menyebutkan, orang yang memajang sereal, soda, dan makanan ringan lainnya di atas meja memiliki berat rata-rata lebih tinggi 9 kg daripada mereka yang tidak. mengeluarkan makanan. Di sisi lain, meletakkan buah di mangkuk yang bagus di lokasi strategis dapat meningkatkan konsumsi anak sebanyak 104%.

4. Makan dengan wadah kecil

Studi menunjukkan bahwa semakin besar wadahnya, semakin banyak mengisinya, dan membuat makan sampai 22% lebih banyak. Usahakan menggunakan piring 23-25 cm, sehingga porsinya lebih sesuai. Aturan yang sama juga berlaku pada sendok, ukuran yang lebih besar bisa menambah makanan hingga 14% lebih banyak.

5. Gunakan gelas highball

Ini 9 Trik Menata Dapur dan Makanan Agar Mudah Terapkan Pola Makan SehatFoto: Istimewa

Kebanyakan orang beranggapan bahwa gelas pendek memiliki volume lebih kecil dibanding gelas tinggi, padahal itu hanya ilusi optik. Gelas pendek justru umumnya lebih lebar, sedangkan gelas tinggi lebih langsing. Dengan menggunakan gelas yang tinggi dan langsing dapat mengurangi tingkat konsumsi air sebanyak 30%.

6. Racik makanan dalam piring saji

Piring-piring yang disajikan di meja makan untuk makan bersama keluarga dapat memancing Anda untuk makan lebih banyak. Orang makan 20% lebih banyak makanan yang disajikan di luar meja daripada langsung disajikan dalam piring. Oleh karena itu, ada baiknya Anda perlu menata makanan langsung dalam piring makan.

7. Gunakan resep lama

Ini 9 Trik Menata Dapur dan Makanan Agar Mudah Terapkan Pola Makan SehatFoto: Istimewa

Ukuran porsi cenderung meningkat setiap tahun. Wansink menemukan bahwa jumlah kalori dalam Joy of Cooking meningkat sebesar 44% per porsi selama 70 tahun dan tujuh edisi terakhir. Maka jika menggunakan buku masak modern, sisakan setengah dari makanan untuk disimpan di dalam freezer.

Baca juga: 10 Kebiasaan Buruk di Dapur Ini Sebaiknya Tak Dilakukan Lagi (2)

8. Simpan setengah bahan makanan
Studi menunjukkan bahwa kita akan makan setengah dari apa yang kita beli dalam minggu pertama setelahnya. Maka jika Anda belanja banyak untuk persediaan bahan makanan, letakkan hanya beberapa bahan yang paling dibutuhkan di dapur, kemudian pindahkan sisanya ke tempat penyimpanan. Atau bagilah bahan tersebut menjadi porsi saruan.

9. Sembunyikan makanan
Anda akan cenderung memakan apa yang Anda lihat. Sebaiknya, susun ulang piring dan gelas dalam lemari dan letakkan makanan ringan di tempat yang tetutup.
Wansink merekomendasikan untuk menyembunyikan makanan yang tidak sehat dalam bentuk foil atau dalam wadah buram, karena sisa makanan yang dibungkus plastik atau wadah bening akan dimakan lebih cepat. Pertimbangkan pula untuk meletakkan di tempat lain yang lebih sulit untuk dijangkau. (lus/odi)