Selamat Jalan Bondan Winarno

Bondan Winarno Layak Disebut 'Anthony Bourdain Indonesia', Ini Alasannya

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Kamis, 30 Nov 2017 12:39 WIB
Foto: dok Instagram Foto: dok Instagram
Jakarta - Sahabat dekat Bondan Winarno menyebut bahwa almarhum setara dengan Anthony Bourdain. Mengapa Bondan pantas dijuluki 'Anthony Bourdain Indonesia'?

Ketrampilan menulis, rajin melalukan riset dan konsistensi menjadi kelebihan Bondan Winaorno sebagai penulis makanan. Kecintaannya akan makanan lokal dibuktikan melalui kebiasaannya 'blusukan' mencari tempat makan baru dan unik.

Program 'Wisata Kuliner' TransTV membuat Bondan Winarno menjelajahi nusantara. Ada sekitar 5.000 tempat makan yang pernah dikunjungi. Rasanya tak ada penulis dan ahli kuliner yang sanggung melakukan dan mendokumentasikan perjalanan sebaik Bondan.

Baca Juga : 40 Tahun Bersahabat dengan Bondan Winarno Ini Kesan William Wongso

Bondan Winarno Layak Disebut 'Anthony Bourdain Indonesia', Ini AlasannyaFoto: Agung Pambudhy

'Yang diulik Bondan kebanyakan makanan jalanan atau street food. Persis seperti yang dilakukan Anthony Bourdain. Street food selalu memberi kejutan dan keunikan. Tidak seperti restoran fine dining yang harganya mahal dan sudah bisa ditebak jenis makanannya,' ungkap William W.Wongso pada detikfood Rabu (29/11) di kediaman Bondan Winarno, Sentul City.

Memang yang dilakukan Bondan Winarno tak jauh berbeda dengan Anthony Bourdain. Mantan chef yang menjadi presenter acara 'Anthony Bourdain: Part Unknown' yang ditayangkan di CNN Amerika.

Bourdain melakukan perjalanan keliling dunia dan hanya menyinggahi tempat makan biasa terutama street food atau makanan jalanan. Sama dengan Bondan Winarno yang juga melakukan blusukan bukan hanya soal makanan tetapi juga soal budaya masyarakatnya tak luput dari pengamatannya. Semuanya dituliskan dalam beberapa bukunya.

Bondan Winarno Layak Disebut 'Anthony Bourdain Indonesia', Ini AlasannyaFoto: GettyImages

Selain merasa kehilangan tokoh kuliner, William Wongso juga memikirkan nasib kuline rlokal yang sering ia diskusikan dengan Bondan.

Saksikan video Jenazah Bondan Winarno Dikremasi di sini:

[Gambas:Video 20detik]

Tonton juga video lainnya di 20detik!

'Kapan pendidikan kuliner lokal Indonesia dapat perhatian? Pengalaman saya selama berkeliling ke berbagai dunia untuk diplomasi kuliner menemukan ternyata dunia kini menginginkan makanan autentik. Bukan makanan yang direkayasa. Dalam World Street Food Congress di Manila bulan Mei lalu Anthony Bourdain menyatakan bahwa di Bourdain Market yang akan dibuka di New York City akan ada rendang Minang autentik,' tutup William Wongso yang merasa sangat kehilangan dengan kepergian sahabatnya.

Baca Juga : Anthony Bourdain Akan Terbitkan Buku Kuliner Jepang



(odi/odi)