Sebelum Belanja, Cek Dulu 10 Tips Memilih Sayur dan Buah Ini! (2)

Esther Suhana Abdurahim - detikFood Jumat, 24 Nov 2017 15:50 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Mulailah hidup sehat dengan rutin konsumsi sayur dan buah setiap hari. Jika ingin menyetok buah dan sayur di rumah, sebaiknya perhatikan beberapa hal ini agar lebih awet.

Buah dan sayur yang tampak cantik luarnya belum tentu isinya akan lezat. Bahkan disarankan untuk membeli buah dan sayuran ketika musimnya tiba agar harganya lebih terjangkau dan stoknya lebih banyak. Mau berbelanja sayur dan buah, yuk lihat dulu tips dan trik berikut ini agar bisa disimpan lebih lama.

Baca juga: Rutinlah Makan 10 Buah dan Sayuran Ini Agar Kulit Mulus dan Kencang (1)

6. Brokoli

Dikemas dengan nutrisi, sayuran hijau ini dikenal sebagai makanan super. Selain nutrisi, sayuran brokoli juga kaya akan sulforaphane, fitronutrien yang mengaktifkan enzim yang akan mencari dan menghancurkan sel kanker.

Sulforaphane juga telah terbukti meningkatkan testosteron dan melawan penyimpanan lemak dalam tubuh. Sayuran ini dijadikan makanan terbaik untuk menurunkan berat badan.

Untuk membeli sayuran ini, carilah brokoli dengan batang yang kaku dan batang yang terbentuk rapat serta berwarna hijau tua. Selain itu, untuk penyimpanan, Anda hanya perlu menyimpannya di kantong plastik dan simpan di kulkas hingga satu minggu dari tanggal Anda membelinya.

Sebelum Belanja, Cek Dulu 10 Tips Memilih Sayur dan Buah Ini! (2)Foto: GettyImages

7. Blewah

Blewah memiliki banyak vitamin C yang dapat memberikan perlindungan terhadap stroke. Vitamin ini juga telah terbukti dapat meningkatkan mood dan menangkal hormon stres sehingga membuat Anda merasa tenang.

Untuk membeli buah blewah Anda harus mencari buah dengan ujung batang yang memiliki lekukan halus, carilah buah yang memiliki aroma manis, dan bentuknya agak oval. Hal yang perlu Anda hindari, jangan membeli buah blewah dengan bintik-bintik lunak. Bintik lunak tersebut mengindikasikan buah blewah yang terlalu matang.

Anda bisa mendapatkan buah ini pada sekitar bulan Mei sampai September. Untuk penyimpanannya, simpan di dalam plastik dan masukkan ke dalam lemari es hingga lima hari. Lebih dari lima hari dari tanggal Anda membelinya, maka buah tersebut akan kehilangan rasa manis.

Sebelum Belanja, Cek Dulu 10 Tips Memilih Sayur dan Buah Ini! (2)Foto: iStock

8. Wortel

Sayuran favorit karakter Bugs Bunny ini mengandung banyak beta karoten, nutrisinya dapat membantu melawan infeksi. Mereka juga merupakan sumber vitamin K dan potasium.

Memilih wortel pun harus di cari yang halus dan kencang dengan warna oranye terang. Hindari wortel yang retak di bagian dasarnya. Daun yang ada di wortel harus berwarna hijau cerah yang menandakan wortel itu masih segar.

Mencari wortel pun tidak terlalu sulit karena wortel akan ada sepanjang tahun. Wortel yang sudah dibeli sebaiknya disimpan di dalam kantong plastik dan jangan biarkan wortel disimpan hingga lebih dari tiga minggu.

9. Terong

Dengan rentan panen dari bulan Agustus hingga September saja, Anda tentu harus memilih terong yang terbaik. Terong yang terbaik memiliki kulit yang kencang dan bebas kerut. Warna batangnya juga menentukan apakah terong itu adalah terong terbaik atau bukan. Carilah batang terong yang berwarna hijau. Untuk menyimpannya simpan terong di tempat yang sejuk selama tiga hingga lima hari saja.

Sayuran ungu yang lezat ini mengandung asam chlorogenic, antioksidan fenol yang mengikis radikal bebas penyebab penyakit. Terong juga mengandung antioksidan kuat yang disebut anthocyanin, memberikan manfaat neuroprotektif seperti memperkuat ingatan jangka pendek dan mengurangi peradangan yang membunuh mood.

Sebelum Belanja, Cek Dulu 10 Tips Memilih Sayur dan Buah Ini! (2)Foto: Getty Images

10. Bawang Putih

Dikenal sebagai bumbu penyedap, ternyata memilih bawang putih pun ada tips dan triknya. Carilah bawang putih segar yang kencang saat ditekan dan celah diantara sesama bawang putih rapat.

Tempatkan bawang putih ini ditempat yang sejuk dan berventilasi udara yang baik. Sebaiknya bawang putih di simpan hingga satu bulan saja.

Manfaat dari bawang putih yaitu bawang putih mengandung senyawa allicin yang dapat melawan kanker dan juga telah terbukti dapat melawan bakteri yang dapat mencegah penyakit pencernaan hingga lambung.

Baca juga: Rutinlah Makan 10 Buah dan Sayuran Ini Agar Kulit Mulus dan Kencang (2) (lus/lus)