Sebelum Belanja, Cek Dulu 10 Tips Memilih Sayur dan Buah Ini! (1)

Esther Suhana Abdurahim - detikFood Jumat, 24 Nov 2017 15:05 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Ketika ingin membeli buah, memang gampang-gampang susah karena Anda harus tahu benar cara memilih buah yang manis. Ini menjadi masalah yang sering dialami para ibu. Karena, tampilan yang bagus belum tentu menunjukkan bahan makanan tersebut masih segar dan memiliki rasa manis.

Salah satu cara untuk memastikan buah dan sayur berkualitas baik, gunakanlah tangan Anda. Buah dan sayuran yang berat dan kokoh dengan kulit yang kencang menunjukkan bahwa bahan makanan tersebut masih segar. Agar lebih jelas, sebaiknya cek terlebih dahulu 10 tips dalam memilih sayur dan buah seperti yang dikutip dalam Today (18/11).

Baca juga: Dapatkan 8 Manfaat Makan Apel, Turunkan Berat Badan hingga Perkuat Gusi

1. Apel

Selain mengandung vitamin C, buah apel juga mengandung serat sehingga sering dijadikan untuk menunjang kesehatan berat badan. Buah apel mengandung quercentin, flavonoid yang bisa mencegah penyakit jantung.

Buah apel juga memiliki serat larut sehingga dapat menjaga kolesterol Anda. Jika ingin membeli apel, Anda bisa memilih apel yang tidak cacat pada bagian kulitnya, misalnya memar. Setelah membelinya, Anda dapat menaruhnya dalam kantung plastik dan simpan dalam lemari es bagian crisper jika ingin menyimpannya.

Dengan cara ini, buah apel bisa bertahan kira-kira 2-3 minggu.

Sebelum Belanja, Cek Dulu 10 Tips Memilih Sayur dan Buah Ini! (1)Foto: Istimewa

2. Alpukat

Kalau untuk buah alpukat, pilihlah alpukat yang kencang. Alpukat yang kencang menandakan kematangan yang sempurna. Kalau bicara musim, buah ini dapat Anda temui sepanjang tahun.

Jika buah alpukat yang Anda beli belum terlalu matang, masukkan buah alpukat dalam kantung kertas dan simpan dalam suhu udara yang tak terlalu panas ataupun dingin selama 2-4 hari. Tapi, jika ingin mempercepat proses pematangannya, sertakan buah apel ke dalam kantung kertas tersebut sehingga buah alpukat ini cepat matang. Karena buah apel mengandung gas etilen yang bisa membantu percepat kematangan.

Buah alpukat mengandung lemak jenuh tunggal yang rendah sehingga dapat membantu menurunkan kolesterol. Diet tinggi lemak tak jenuh tunggal dapat mencegah distribusi lemak tubuh di sekitar perut dengan menurunkan gen lemak tertentu.

3. Pisang

Pisang yang sudah matang dan memiliki rasa manis akan menunjukkan warna kulit yang berwarna kuning atau berbintik kecokelatan. Tapi hindari buah pisang yang kulitnya memar, karena ini sudah terlalu matang dan hampir alami kerusakan.

Ketika mendapatkan buah pisang yang belum matang, jauhkan dari sinar matahari langsung. Tapi masukkan pisang dalam kantung kertas. Setelah matang, meskipun kulitnya berubah menjadi cokelat, akan tetapi rasa dan kualitasnya tidak terlalu berpengaruh. Buah pisang mengandung tinggi vitamin B6 dan juga tinggi serat sehingga dapat membantu sehatkan pencernaan.

Sebelum Belanja, Cek Dulu 10 Tips Memilih Sayur dan Buah Ini! (1)Foto: iStock

4. Paprika

Paprika mengandung antioksidan dan tinggi vitamin C. Paprika yang berkualitas baik harus memiliki warna cerah dan kulitnya tidak berkerut. Batang dari paprika ini harus mengkilap dan berwarna terang.

Untuk musim panennya, paprika akan panen di bulan Juli hingga Desember. Lalu, dalam penyimpanannya paprika harus disimpan dalam lemari es di dalam crisper dan dapat bertahan hingga 2 minggu.

5. Blueberries

Blueberries mengandung segudang manfaat, salah satunya adalah dapat membuat kulit kencang dan mencegah kulit kusam.

Puncak musimnya akan ada di bulan Juni hingga Agustus saja. Agar blueberries dapat bertahan lama, siapkan wadah yang kedap udara dan dinginkan selama lima hingga tujuh hari. Buah ini akan cepat rusak jika hanya dibiarkan pada suhu yang normal seperti suhu kamar.

Blueberries memiliki lebih banyak antioksidan yang dapat melawan penyakit, hal tersebut dikatakan oleh peneliti dari Cornell University. Studi lain dari University of Michigan menemukan bahwa tikus yang mengonsumsi bubuk blueberries sebagai bagian dari makanan mereka dapat mehilangkan lemak perut dan memiliki tingkat kolesterol lebih rendah daripada tikus lain yang tidak mengonsumsi bubuk blueberries.

Baca juga: 6 Buah Ini Sebaiknya Dimakan Berikut Kulitnya Karena Bernutrisi Tinggi (lus/lus)